Peranan Guru Mengaji dalam Memotivasi Anak-Anak Belajar Membaca Al-Qur’an Di Pengajian Ibu Imas dan Pak Retno Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung

Authors

  • Adisty Wulansari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wildansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Karini Iswandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wiguna UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Guru, Mengaji, Motivasi, Al-Qur’an

Abstract

Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi umat Islam, sehingga mempelajarinya wajib bagi setiap Muslim. Namun, bagi anak-anak sering kali membutuhkan motivasi dan bimbingan dari guru yang kompeten untuk mempelajarinya dengan baik. Di pengajian Ibu Imas dan Pak Retno di Kecamatan Bojongsoang, peran guru mengaji sangat penting dalam memotivasi anak-anak. Melalui metode pengajaran yang efektif, guru diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menumbuhkan kecintaan pada Al-Qur’an, dan mendorong anak-anak untuk terus belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri peran guru-guru mengaji dalam memotivasi abak-anak di pengajian tersebut, mengidentifikasi tantangan yang mereka hadapi dan cara mereka mengatasi hambatan dalam pembelajaran Al-Qur’an. Peneliti menggunakan metode deskriptif dengan observasi dan wawancara untuk mendapatkan hasil penelitian. Peran guru mengaji dalam memotivasi anak-anak untuk belajar membaca Al-Qur’an dibahas dalam konteks pengajaran Ibu Imas dan Pak Retno untuk menumbuhkan semangat belajar membaca Al-Qur’an.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Wulansari, A., Putri Yuni Wildansyah, Tammy Dwi Karini Iswandi, & Vilda Azizah Wiguna. (2024). Peranan Guru Mengaji dalam Memotivasi Anak-Anak Belajar Membaca Al-Qur’an Di Pengajian Ibu Imas dan Pak Retno Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(5), 1–20. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4671

Issue

Section

Articles