PEMANFAATAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEMAKSIMALKAN TENAGA PENDIDIK DI DESA RIDOGALIH
Kata Kunci:
pengembangan minat belajar, pendidikan, metode implicit learningAbstrak
Pengembangan sumber daya manusia dapat dilihat dari dua aspek formal: pendidikan dan nonformal. Sumber daya manusia yang berkembang atau maju bahkan mengatakan akan dapat berkontribusi pada pengembangan masyarakat. Dari kenyataannya manusia akan menentukan kemampuan masyarakat dalam sebuah desa untuk mengembangkan dirinya, meskipun di desa itu ada sumber daya alamnya. Penerapan metode pembelajaran Implicit Learning merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa di PAUD Al Jabbar, Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah. Untuk meningkatkan minat dari siswa maka akan dilaksanakannya penelitian ini. Implicit Learning merupakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa PAUD dengan rentang usia 1-6 tahun. metode Implicit Learning (metode belajar sambil bermain), ditinjau dari karakteristik anak paud sendiri yaitu mudah bosan, senang bermain dan senang bergerak. Oleh karena itu, Implicit Learning dilihat mempunyai potensi untuk meningkatkan minat belajar pada anak. Dengan demikian jelaslah bahwa Implicit Learning yaitu salah satu metode untuk meningkatkan minat belajar anak.
Referensi
BDK Banjarmasin Kementrian Agama. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia(SDM). Diakses pada 03 September 2021, dari https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/berita/pengembangan-sumber-daya-manusia-sdm
Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Abdillah Azzam Assajjad
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.