PERAN STRATEGIS MAHASISWA DALAM MEMPERKUAT PONDASI KEAGAMAAN MASYARAKAT MELALUI OPTIMALISASI KEGIATAN KEAGAMAAN
Kata Kunci:
Pendidikan Al - Quran, Pemberdayaan Keagamaan, Pemberdayaan, Penghijauan, Sampah Organik, Pestisida Nabati, dan Desa Sariwangi.Abstrak
Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) 283 di Desa Sariwangi bertujuan untuk memperkuat pondasi
keagamaan masyarakat melalui optimalisasi kegiatan keagamaan. Mahasiswa berperan aktif
dalam mengajar di TPA Al-Istiqomah dan Sahabat Qur’an, serta mengikuti pengajian rutin ibuibu RW 12. Program ini dirancang untuk meningkatkan literasi Al-Qur'an, membina hafalan
anak-anak, dan memperdalam pemahaman keagamaan di kalangan masyarakat. Pendekatan
yang digunakan bersifat partisipatif dan kolaboratif, dengan fokus pada pemberdayaan
masyarakat dan pelibatan mitra lokal. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan dalam
kemampuan baca tulis Al-Qur'an, motivasi anak-anak dalam menghafal Al-Qur'an, serta
kesadaran keagamaan di kalangan ibu-ibu. Dengan pendekatan holistik ini, diharapkan dapat
tercipta lingkungan yang lebih religius dan harmonis di Desa Sariwangi
Referensi
Astuti, M., Febriani, R., & Oktarina, N. (2023).
Pentingnya Pendidikan Islam dalam
Membentuk Karakter Generasi Muda.
Journal Faidatuna, 4(3), 140–149.
https://doi.org/10.53958/ft.v4i3.302
Firdayanti, A., Rohmah, S. N., & Indriyani, W.
(n.d.). Optimalisasi Nilai-Nilai Keagamaan
Di Lingkungan Masyarakat Dusun 1 Desa
Pasirhuni.
Gunawan. (2020). Sosiologi Agama: Memahami
Teori Dan Pendekatan. In Angewandte
Chemie International Edition, 6(11), 951–
Mulyana, D. (2020). Manajemen Proyek: Teori
dan Praktik. Rajawali Press.
Nurhadi, B. (2021). Peran Mahasiswa dalam
Pembangunan Karakter Bangsa. Rajawali
Press.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Alfabet
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Asep Encu, Ai Lia Nurlaela, Widya Rafika Putri, Zabra Tuhfah Janna, M Izzudin Nur Faizi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.