Implementasi Program Kerja KKN Dalam Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dan Keterlambatan Perkembangan Bicara Pada Anak di Kampung Sukamaju

Penulis

  • Nurul Fadilla UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ade Nina Nopiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fiki Aprian UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fashihatul Insi A UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Efran Fauzi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Sukamaju, Pengabdian, KKN, Program, Masyarakat, Penggunaan Gadget, Keterlambatan Bicara, Anak Usia Dini, Perkembangan Bicara, Interaksi, Verbal

Abstrak

Penggunaan gadget pada anak usia dini semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi, namun hal ini memunculkan kekhawatiran terkait dampaknya terhadap perkembangan bicara anak. Program Kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara penggunaan gadget dan keterlambatan perkembangan bicara pada anak-anak di Kampung Sukamaju. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan observasi terhadap 50 anak usia 3-5 tahun, yang dikombinasikan dengan wawancara orang tua mengenai pola penggunaan gadget dan perkembangan bicara anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60% anak yang menggunakan gadget lebih dari 3 jam per hari mengalami keterlambatan perkembangan bicara. Selain itu, faktor lain seperti kurangnya interaksi verbal dengan orang tua juga berkontribusi terhadap keterlambatan ini. Kesimpulannya, penggunaan gadget yang berlebihan pada anak usia dini berpotensi menyebabkan keterlambatan perkembangan bicara. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah pentingnya edukasi kepada orang tua mengenai batasan penggunaan gadget dan peningkatan interaksi langsung dengan anak untuk mendukung perkembangan bicara yang optimal.

Referensi

Hidayat, Arief, and Syarah Siti Maesyaroh. “Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini.”

JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 1, no. 5 (2022):

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i5.159.

Irianto, Bambang S, Zenita Delia Reviska, Khamilatun Nisah, Amelia Suci, Joshua Aldo,

Tri Putra, Universitas Pembangunan, Nasional Veteran, and Jawa Timur.

“Penyuluham Hukum Dampak Penggunaan Gadget Secara Berlebihan Bagi Anak

Usia Sekolah Dasar Di SDN Sidodadi 2 Sidoarjo” 1, no. 3 (2024).

Prastiwi, Ikha, Rizky Fitri Andini, and Alfaura Ajeng tahun 2022 Abidanon. “DURASI

PENGGUNAAN GADGET DALAM PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH

Volume 08 No 02 Tahun 2022,” n.d., 16–22.

Safitri, Laila, Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Lampung, and

Bandar Lampung. “Pengaruh Penggunaan Gadge t Terhadap Perkembangan

Bahasa Anak Usia Dini” 4, no. 1 (2024): 54–66.

Setiawani, Deni, and Saidah Saidah. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap

Perkembangan Psikologi Pada Anak Kelas V SD 77 Rejang Lebong.” Pendas :

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7, no. 2 (2022): 851–64.

https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/6837%0Ahttps://journ

al.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/6837/2580

Suryawan, Kadek Bayu, and Lie Tanu Merijanti. “Bermain Aplikasi Gadget Berhubungan

Dengan Keterlambatan Perkembangan Bicara Dan Bahasa Pada Balita.” Jurnal

Biomedika Dan Kesehatan 4, no. 4 (2021): 157–63.

https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2021.v4.157-163.

Umah, Restu Yulia Hidayatul. “Gadget Dan Speech Delay: Kajian Perkembangan

Kemampuan Berbahasa Anak.” Gadget Dan Speech Delay : Kajian Kemampuan

Perkembangan Berbahasa Anak 2, no. 2 (2021): 236–42

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-10

Cara Mengutip

Nurul Fadilla, Ade Nina Nopiana, Fiki Aprian, Fashihatul Insi A, & Efran Fauzi. (2025). Implementasi Program Kerja KKN Dalam Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dan Keterlambatan Perkembangan Bicara Pada Anak di Kampung Sukamaju . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(9), 1–11. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4633

Terbitan

Bagian

Articles