Penggunaan Worksheets sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SDN Waluya

Penulis

  • Muhammad Rayhan Hadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Najwa Maulida UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Susanti Ainul Fitri UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN, Pengabdian, Bengkel Baca

Abstrak

SDN Waluya menghadapi kendala serius dalam hal pendidikan para siswanya, yaitu banyaknya siswa kelas satu sampai kelas enam yang masih belum bisa membaca bahkan belum hapal alfabet. Dalam upaya mengatasi tantangan ini dan memastikan bahwa setiap anak memiliki kemampuan membaca, kami mahasiswa KKN sebagai tenaga pengajar di SDN Waluya memperkenalkan program Bengkel Baca sebagai salah satu Langkah nyata untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode Service Learning. Dalam metode ini, mahasiswa mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam perkuliahan di tengah-tengah masyarakat atau komunitas, berinteraksi dengan mereka, mencari solusi untuk permasalahan yang dihadapi oleh mereka. Setelah melakukan pengajaran di SDN Waluya, ditemukan fakta bahwa mayoritas siswa ternyata tidak fokus dalam belajar membaca selama di kelas formal. Dalam pelaksanaan ini, mahasiswa menerapkan metode Fun Learning kepada siswa dan menggunakan worksheet sebagai media pembelajaran. Tanggapan siswa dalam menerima setiap materi yang disampaikan oleh mahasiswa KKN sangat bervariatif. Keberhasilan dari kegiatan pengabdian ini terbukti mampu meningkatkan semangat dan antusias peserta didik dalam belajar membaca.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-14

Cara Mengutip

Hadi, M. R., Maulida, N., & Fitri, S. A. (2024). Penggunaan Worksheets sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SDN Waluya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(5), 1–10. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4628

Terbitan

Bagian

Articles