Dari Tradisional Ke Digital: Workshop Digitalisasi Pemasaran Bantu Kembangkan Tomat Menjadi Jus Tomat Di Desa Cikidang
Kata Kunci:
Cikidang, Jus Tomat, PemasaranAbstrak
Desa Cikidang merupakan salah satu sentra produksi tomat di wilayah Bandung Barat, warga desanya terbiasa menjual tomat hanya dalam bentuk bahan baku segar tanpa ada upaya pengolahan lebih lanjut. Hal ini sering menyebabkan harga jual tomat relatif murah dan banyak hasil panen yang terbuang sia-sia karena tidak terjual. Untuk meningkatkan nilai tambah dari hasil panen tomat, kelompok pengabdi masyarakat dari program KKN berinisiatif untuk memperkenalkan pengolahan tomat menjadi produk turunan, yaitu jus tomat, sekaligus memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produknya. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mendorong pengembangan usaha jus tomat di Desa Cikidang melalui workshop digitalisasi pemasaran. Diharapkan, para pelaku usaha dapat memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan omzet penjualan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fajar Nurrohman, Hana Nurin Salsabila, Risma Nuruljihan, Iman Supratman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.