Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) Al-Istiqomah dengan Penguatan Modul Pembelajaran
Keywords:
Modul Pembelajaran, Kualitas Pembelajaran, Materi Keagamaan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MDTA
(Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) Al-Istiqomah dengan pembuatan modul
pembelajaran. Modul ini dikembangkan berdasarkan hasil observasi dan
identifikasi masalah. Selama mengajar di MDTA Al-Istiqomah dan Rumah Tahfidz
Al-Fallah, yang menunjukkan kurangnya struktur dalam materi pengajaran,
terutama terkait ilmu tajwid, fiqih, doa-doa harian, hadis, dan hafalan Al-Qur’an.
Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 190, disusun modul
pembelajaran yang berfokus pada materi keagamaan tersebut untuk membantu
pengajar dalam menyampaikan materi secara terstruktur dan terjadwal. Metode
pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat digunakan untuk merancang,
menyusun, dan mengimplementasikan modul tersebut, dengan tujuan
meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi keagamaan. Evaluasi
menunjukkan adanya peningkatan dalam kualitas pembelajaran serta pemahaman
siswa.
References
Akbar, A. B. (2022). PENDAMPINGAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN TAJWID YANG BENAR BAGI MASYARAKAT DISEKITAR LINGKUNGAN KAMPUS. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT,
(2). https://doi.org/10.29040/budimas.v4i2.6 131
Fauzi, M. N. (2023). Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4),
https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2688
Liah, A. A. A., Mahariah, & Azhar, I. S. (2024). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DI MDTA AL-MUTTAQIN KELURAHAN JATI UTOMO KOTA BINJAI. Jurnal Iqtirahaat, 8(1). https://jurnal.staijm.ac.id/ojs/index.php/iqtirahaat/issue/view/32
Mansir, F. (2020). Urgensi Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Madrasah: Pembelajaran Fiqih. ALWIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 5(2), 167–179. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i2.53 8
Memorata, A., & Santoso, D. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Merakit
Personal Menggunakan Structured Komputer Dyadic Methods (SDM). E Journal Students UNY, 1(9). https://journal.student.uny.ac.id/pti/article/viewFile/7862/pdf
Rosyidatul, I., Suhadi, S., & Faturrohman, M. (2021). PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR’AN MELALUI METODE TALAQQI. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 83–94. https://doi.org/10.54090/alulum.114
Saadah, A. (2022). Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Kemenag: Jakarta.
S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN
BERBASIS KETERAMPILAN LITERASI. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yeni Yeni, Ahmad Zaki Yamini, Iis Sumiati, Tania Oktavianti, Vegia Andriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

