Pemberdayaan Masyarakat: Pengaruh Proyek Sains Berbasis Eksperimen Sederhana Terhadap Peningkatan Literasi Membaca dan Pemahaman Konsep Sains Pada Anak-Anak di Yayasan Taman Baca Masyarakat di Desa Cikuya

Penulis

  • Kamila Nurhalida UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Faqih Maulana M UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Naila Lutfia M UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Eksperimen, pengabdian, kkn, program, literasi sains

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk menyelidiki dampak eksperimen sains sederhana terhadap peningkatan minat baca dan literasi sains di kalangan anak-anak sekolah dasar di Desa Cikuya, Indonesia. Sejumlah eksperimen sesuai usia, seperti mensimulasikan letusan gunung berapi dan menciptakan "ikan buntal" yang mengapung, dilakukan di perpustakaan komunitas setempat. Untuk mengukur efektivitas intervensi, pra-tes dan pasca-tes diberikan untuk menilai perubahan dalam frekuensi membaca dan pengetahuan sains. Pengamatan juga dilakukan untuk mengukur keterlibatan dan partisipasi siswa. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan baik dalam frekuensi kunjungan perpustakaan maupun kemampuan siswa untuk menjelaskan konsep-konsep sains dasar setelah berpartisipasi dalam program eksperimen sains. Temuan-temuan ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan aktivitas sains hands-on ke dalam program perpustakaan komunitas dapat menjadi strategi efektif untuk mempromosikan literasi sains dan menumbuhkan kecintaan belajar seumur hidup.

Referensi

Ach Syaiku, Y. W. (2024). Pemberdayaan Taman BAca Untuk Meningkatkan Literasi di Desa Pulo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 72-77.

Arono, I. D. (2022). PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI TAMAN BACAAN MODEL KAMPUNG LITERASI DI DESA RINDU HATI, BENGKULU TENGAH. jurnal pengabdian masyarakat, 144-161.

Cut Afrina, A. E. (2019). Pemberdayaan Komunitas Taman Baca Masyarakat Dalam Peningkatan Literasi Informasi di Nagari Tabek Tahun 2019. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 46-55.

Dwi Yulianti, R. H. (2019). Pengaruh Metode Membaca Glen Doman Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kkumara Cendikia, 403-415.

Fathomah, S. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Pulau Sebatik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 305-314.

Ma'viah, A. (2021). METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBALAJARAN SAINS UNTUK ANAK USIA DINI. 97-101.

Muhammad Saepudin, M. D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengadaan Taman Baca Kampung Lebak Wangi Girang RT 04, Rw.01, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat .

Sri Rika Amriani. H, F. (2023). Pengaruh Percobaan Sains Sederhana Terhadap Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran , 108-115.

Sri Setiyo Rahayu, S. R. (2022). UPAYA PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS SEDERHANA BERBASIS ALAM SEKITAR DENGAN METODE TSTS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI PAUD SEKAR NAGARI SEMARANG. Sentra Cendikia, 126-138.

Tinesandya Nabilah Utami, F. U. (2023). Pengaruh Lembar Kegiatan Anak Dengan QR Code Terhadap Literasi sains Anak Usia 5-6 Tahun. Journal An Early Childhood, 105-111.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-23

Cara Mengutip

Nurhalida, K., Maulana M, F. ., & Lutfia M, N. (2024). Pemberdayaan Masyarakat: Pengaruh Proyek Sains Berbasis Eksperimen Sederhana Terhadap Peningkatan Literasi Membaca dan Pemahaman Konsep Sains Pada Anak-Anak di Yayasan Taman Baca Masyarakat di Desa Cikuya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(2), 1–8. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4560

Terbitan

Bagian

Articles