Optimalisasi Literasi Peserta Didik Melalui Metode Team Games Tournament (TGT), Nobar Literasi, dan Perpustakaan Keliling
Kata Kunci:
Nobar literasi, TGT, Perpustakaan KelilingAbstrak
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan di masyarakat. Artikel ini membahas upaya optimalisasi peran mahasiswa KKN UIN Bandung dalam bidang pendidikan di Kelurahan Andir melalui pelaksanaan berbagai program kerja, seperti nobar literasi, Teams-Games-Tournaments (TGT), dan perpustakaan keliling yang bekerja sama dengan Dispusipda Jabar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan nobar literasi mampu meningkatkan minat baca anak-anak, metode TGT efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep melalui pendekatan yang menyenangkan, dan perpustakaan keliling berhasil memperluas akses buku dan sumber belajar bagi masyarakat setempat. Temuan ini menekankan pentingnya kolaborasi antara mahasiswa, institusi pendidikan, dan lembaga pemerintah untuk mendukung keberlanjutan program-program pendidikan yang inovatif dan berkelanjutan di Kelurahan Andir. Partisipasi aktif mahasiswa KKN Sisdamas dalam bidang pendidikan mampu memberikan dampak yang positif dan berkelanjutan dalam meningkatkan literasi dan kesadaran pendidikan
Referensi
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Retrieved from PT Remaja Rosdakarya.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Retrieved from Nusa Media.
Purnami, N. H. (2018, Juli-Desember). Model Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Interaktif Berbasis Pada Pengembangan Masyarakat yang Produktif Inovatif dan Kreatif. Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat, 2.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Faturahman, Fauzia Zuniar Surya, Lufni Nur Latifah, Idzni Absharina Alifa, Nurmawan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.