Pentingnya Literasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di SDN Jeungjingrigil Desa Sariwangi
Kata Kunci:
Literasi, Minat, Baca, SiswaAbstrak
Membaca menawarkan berbagai keuntungan, seperti meningkatkan pemikiran dan kejernihan berpikir, memperluas pengetahuan, serta memperbaiki memori dan pemahaman. Dengan kebiasaan membaca yang konsisten, seseorang bisa meningkatkan kemampuan untuk menyerap informasi, menjelajahi berbagai bidang, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan meningkatkan minat baca pada siswa/siswi di SDN Jeungjingrigil Desa Sariwangi Parongpong, Kabupaten Bandung, dengan tujuan untuk mengkaji lebih lanjut permasalahan tentang kurangnya minat baca pada peserta didik di SD, khususnya di SDN Jeungjingrigil serta menganalisis apakah upaya-upaya yang mendukung budaya literasi cukup berperan dalam meningkatkan minat baca pada peserta didik di SDN Jeungjingrigil. Kegiatan penerapan meningkatkan minat baca pada siswa/siswi di SDN Jeungjingrigil seperti adanya perpustakaan keliling, pembelajaran menggunakan flash card, dan taman baca. Sehingga, dapat meningkatkan ketertarikan serta memberi ruang bagi para siswa/siswi untuk lebih aktif dalam meningkatkan kualitas literasi. Adapun dalam penelitian ini, metode yang dilakukan ialah metode kualitatif dengan pendekatan implementasi untuk menjalani program KKN ini khususnya pada bidang Pendidikan. Pendekatan Implementasi ialah metode yang tujuanya untuk mencapai suatu perencanaan yang matang, seberapa sukses suatu rencana telah dirancang serta meningkatkan kualitas. Teknik yang dilakukan yaitu, metode observasi, wawancara, pendampingan, serta monitoring evaluasi.
Referensi
Abidin, Nur Robi Zainal. 2020. “Literasi Membaca Sebagai Upaya Pembentuk Karakter Peserta Didik (Jujur Dan Bertanggung Jawab).” Seminar Nasional Pascasarjana 2020 3(1): 790–97.
Latifah, Latifah, and Fitri Puji Rahmawati. 2022. “Penerapan Program CALISTUNG Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3): 5021–29. doi:10.31004/basicedu.v6i3.3003.
Rivki, Muhammad, Adam Mukharil Bachtiar, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, and Universitas Komputer Indonesia. (112): 127–35.
Tahmidaten, Lilik, and Wawan Krismanto. 2018. “Permasalahan Budaya Membaca Di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya ).” : 22–33.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Asep Encu, Jihan Nasfaira, Fajar Rohmat Nurdiansyah, Nur Zaida Wintri, Suci Ramdhiani, Taufiq Mushlih
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.