Pentingnya Literasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di SDN Jeungjingrigil Desa Sariwangi

Penulis

  • Asep Encu UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Jihan Nasfaira UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fajar Rohmat Nurdiansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Zaida Wintri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Suci Ramdhiani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Taufiq Mushlih UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Literasi, Minat, Baca, Siswa

Abstrak

Membaca menawarkan berbagai keuntungan, seperti meningkatkan pemikiran dan kejernihan berpikir, memperluas pengetahuan, serta memperbaiki memori dan pemahaman. Dengan kebiasaan membaca yang konsisten, seseorang bisa meningkatkan kemampuan untuk menyerap informasi, menjelajahi berbagai bidang, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan meningkatkan minat baca pada siswa/siswi di SDN Jeungjingrigil Desa Sariwangi Parongpong, Kabupaten Bandung, dengan tujuan untuk mengkaji lebih lanjut permasalahan tentang kurangnya minat baca pada peserta didik di SD, khususnya di SDN Jeungjingrigil serta menganalisis apakah upaya-upaya yang mendukung budaya literasi cukup berperan dalam meningkatkan minat baca pada peserta didik di SDN Jeungjingrigil. Kegiatan penerapan meningkatkan minat baca pada siswa/siswi di SDN Jeungjingrigil seperti adanya perpustakaan keliling, pembelajaran menggunakan flash card, dan taman baca. Sehingga, dapat meningkatkan ketertarikan serta memberi ruang bagi para siswa/siswi untuk lebih aktif dalam meningkatkan kualitas literasi. Adapun dalam penelitian ini, metode yang dilakukan ialah metode kualitatif dengan pendekatan implementasi untuk menjalani program KKN ini khususnya pada bidang Pendidikan. Pendekatan Implementasi ialah metode yang tujuanya untuk mencapai suatu perencanaan yang matang, seberapa sukses suatu rencana telah dirancang serta meningkatkan kualitas. Teknik yang dilakukan yaitu, metode observasi, wawancara, pendampingan, serta monitoring evaluasi.

Referensi

Abidin, Nur Robi Zainal. 2020. “Literasi Membaca Sebagai Upaya Pembentuk Karakter Peserta Didik (Jujur Dan Bertanggung Jawab).” Seminar Nasional Pascasarjana 2020 3(1): 790–97.

Latifah, Latifah, and Fitri Puji Rahmawati. 2022. “Penerapan Program CALISTUNG Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3): 5021–29. doi:10.31004/basicedu.v6i3.3003.

Rivki, Muhammad, Adam Mukharil Bachtiar, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, and Universitas Komputer Indonesia. (112): 127–35.

Tahmidaten, Lilik, and Wawan Krismanto. 2018. “Permasalahan Budaya Membaca Di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya ).” : 22–33.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-10

Cara Mengutip

Asep Encu, Jihan Nasfaira, Nurdiansyah, F. R. ., Wintri, N. Z. ., Suci Ramdhiani, & Taufiq Mushlih. (2025). Pentingnya Literasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di SDN Jeungjingrigil Desa Sariwangi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(9), 1–12. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4525

Terbitan

Bagian

Articles