Upaya Mahasiswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada PAUD, SD, dan TPA di Rw 03 Cikoneng

Penulis

  • Ahmad Hudatulloh Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dhike Kenia Yudhiati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rofiaddarojah Mahmudah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Izza Amrina Rosyada Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Trisma Nurul Fauziah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nano Nurdiansah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pendidikan, model pembelajaran, Pengabdian

Abstrak

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ialah proses pendidikan mahasiswa lewat bermacam aktivitas langsung ditengah-tengah masyarakat , serta mahasiswa berupaya menjadi bagian dari masyarakat  dan secara aktif serta kreatif ikut serta dalam dinamika yang terjalin di masyarakat . Mahasiswa memiliki kedudukan strategis selaku agen of change. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk dedikasi mahasiswa kepada masyarakat melalui pemberian dorongan pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, dan pendampingan. Dalam mengimplementasikan program kerja, di bagi menjadi 3 bidang untuk meminimalisir adanya kerumunan dan penyebaran covid-19. Bidang Pendidikan berfokus dalam penerapan model pembelajaran langsung di PAUD, SD dan TPA. Model Pembelajaran langsung  adalah salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan procedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah.

Referensi

Tim Penulis KKN-DR UIN SGD Bandung. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa Wabah Covid 19. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.

Yuliana. 2020. Willnes and healthy magazine. Volume 1 dan 2. Fakultas kedokteran universitas Lampung

Riska. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Peristiwa Disekolah Dasar’. JPGSD. Vol 2 Nomor 3. Hal 3

Riska, agus wilanda. 2014. penerapan model pembelajran langsung untuk meningkatkan hasil belajar pada tema peristiwa di sekolah dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya

Adhitya Nur Fathurrahman, Dedi Setyo Utomo, Viola Yorika Ramadhani, Istiharoh, Dhea Novita Aryani Putri. Peran Mahasiswa: Pendidikan Dan Mental Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Tlogosari Wetan Pada Masa Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Semarang

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-13

Cara Mengutip

Hudatulloh, A., Yudhiati, D. K., Mahmudah, R., Rosyada, I. A., Fauziah, T. N., & Nurdiansah, N. (2021). Upaya Mahasiswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada PAUD, SD, dan TPA di Rw 03 Cikoneng. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(38), 1–10. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/451

Terbitan

Bagian

Articles