Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik SMP Al-Munawwaroh melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together

Penulis

  • Himaayatul Luthfa Kamala UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Isni Husniatul Matsnunah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Farhan Firdaus UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Matematika, Numbered Heads Together, Pembelajaran Inovatif, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa di SMP Al-Munawwaroh melalui penerapan model pembelajaran inovatif “Numbered Heads Together” (NHT). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari program pengabdian kepada masyarakat di Desa Sumbersari, khususnya di Dusun II, dengan melibatkan siswa dalam berbagai aktivitas kolaboratif. Metode penelitian melibatkan penyebaran kuesioner untuk mengukur motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model NHT. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa, di mana jumlah siswa yang sebelumnya berada dalam kategori motivasi rendah berkurang dari 9 menjadi 1 orang, sementara 12 siswa lainnya mencapai kategori motivasi tinggi setelah penerapan model NHT. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT efektif dalam meningkatkan motivasi belajar matematika, menciptakan lingkungan belajar yang lebih aktif, serta mendorong keterlibatan dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-08

Cara Mengutip

Kamala, H. L., Matsnunah, I. H., & Firdaus, M. F. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik SMP Al-Munawwaroh melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(7), 1–16. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4475

Terbitan

Bagian

Articles