Upaya Membangun Kreativitas dan Motivasi Mengaji Siswa Madrasah Ulfatul Mutabarrikin Melalui Kegiatan Melukis Totebag
Kata Kunci:
KKN, kreativitas, motivasi, mengaji, mewarnai totebagAbstrak
Pendidikan merupakan salah satu cara untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan membuat suatu negara menjadi maju. Pendidikan harus seimbang dari sudut pandang kreativitas dan intelektual sehingga dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam meningkatkan kreativitas anak mahasiswa KKN dan warga desa Sadangmekar mengusung kegiatan yaitu melukis totebag. Hal ini, bertujuan agar siswa madarasah Ulfatul Mutabarrikin dapat meningkatkan kreativitas mereka, sehingga menciptakan sumber daya yang unggul serta dapat menciptakan ide – ide yang menarik dimasa yang akan datang. Pengabdian ini menggunakan metode demontrasi yaitu metode berkaitan erat mengenai penjelasan lisan tersebih dahulu sebelum siswa melakukan praktik. Selama kegiatan berlangsung mahasiswa KKN selalu menciptakan suasana yang menyenangkan, sehingga siswa menjadi fokus dan kegiatan melukis efisien. Hasil akhir dari lukisan peserta didik sangatlah beragam dan memiliki ciri khas masing – masing, sehinga menandakan mereka memilikimkreativitas yang sangat mumpuni didalam diri mereka. Dalam meningkatkan motivasi mengaji, totebag yang sudah dilukis oleh masing – masing siswa menjadi hadiah. Hal tersebut membuat siswa menjadi bahagia dan bersemangat untuk mengaji. Setelah kegiatan ini diharapkan para orang tua siswa senantiasa meningkatkan kreativitas dan memotivasi mengaji karena orang tua lebih dekat dengan siswa dalam kehidupan sehari – hari.
Referensi
Firman, Musytari Randa, and Gafrawi. “Pendidikan Islam Di Tengah Kemajuan Sains Dan Teknologi.” Al-Gazali Journal of Islamic Education 1, no. 2 (2022): 2830–42. https://staialgazalibulukumba.ac.id/jurnal/index.php/AJIE/article/download/29/15.
Hasanah, Aprilia, Santi Pertiwi, and Hari Sandi. “Mewarnai Dengan Media Totebag Pada Siswa Kelas V Di Sdn Kertaraharja 1.” Jurnal Pengabdian Mahasiswa 2, no. 1 (2020): 3467–72.
Kurnia, Lita, and Ahmad Edwar. “Pengaruh Negatif Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Remaja (Perspektif Pendidikan Islam).” Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 20, no. 2 (2021): 291–308. https://doi.org/10.15408/kordinat.v20i2.22183.
Mulyati. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Metode Students’ Team Achievement Division (STAD).” Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan 6, no. 1 (2019): 23–39.
Nurjanah, Siti. “Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan.” Nurjanah, Siti 5, no. 3 (2020): 248–53.
Pertama Wati, Tita, and Maemunah Maemunah. “Kreativitas Anak Usia Dini Berdasakan Aliran Progresivisme.” Early Childhood: Jurnal Pendidikan 5, no. 2 (2021): 205–12. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1303.
rahmadona, nisa siti, and Nana. “Analisis Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas,” 2021. https://doi.org/10.31219/osf.io/6whcs.
Sudarti, Dwi Okti. “Mengembangkan Kreativitas Aptitude Anak Dengan Strategi Habituasi Dalam Keluarga.” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA 5, no. 3 (2020): 117. https://doi.org/10.36722/sh.v5i3.385.
Sujana, I Wayan Cong. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2019): 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ahmad Fathur Rohman, Siti Fathonah Sihotang, Andini, Muhammad Riyan Pratama, Dedeh Kurniasari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.