Pemberdayaan Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Melalui Pesantren Kilat di Masjid Al-Hidayah Dusun Tarikolot Desa Babakanmulya
Kata Kunci:
Pemberdayaan, Pesantren Kilat, Taman Pendidikan Al-Quran, TPQ, Masjid Al-Hidayah, Dusun TarikolotAbstrak
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) merupakan lembaga pendidikan non-formal yang fokus pada pembelajaran Al-Qur’an dan nilai-nilai keislaman bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas program pesantren kilat yang dilaksanakan di Masjid Al-Hidayah, Dusun Tarikolot, Desa Babakanmulya sebagai bagian dari kegiatan TPQ. Pesantren kilat diadakan selama 2 minggu yang di selenggarakan oleh peserta KKN Moderasi Beragama Kelompok 6 Babakanmulya dengan metode pembelajaran intensif, mencakup materi tentang bacaan Al-Qur’an, tajwid, hafalan surat-surat pendek, serta akhlak islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berperan signifikan dalam meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap Al-Qur’an dan pengamalan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat ikatan sosial antar anak-anak dan mempererat hubungan mereka dengan lingkungan masjid. Program pesantren kilat di Masjid Al-Hidayah telah memberikan dampak positif yang signifikan dalam membentuk karakter religius dan pemaha anak-anak di Dusun Tarikolot. Selain itu, program pesantren kilat di Dusun Tarikolot telah berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di TPQ setempat. Melalui berbagai inovasi seperti buku mengaji dan kurikulum yang terstruktur, program ini telah memberikan dampak positif bagi perkembangan anak-anak.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jasita Apriyani, Renda Susanti, Abdul Hakim, Dara Ainun Illiyin Fissabily, Salsabillah Putri Tulzahra, Uu Nurul Huda
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.