Pemanfaatan Komputer Sebagai Media Penunjang Komunikasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Kp. Kebayunan
Kata Kunci:
Pembelajaran Jarak Jauh, Covid-19, Teknologi, KomputerAbstrak
Pengabdian yang dilaksanakan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) telah dilakukan pada Kp. Kebayunan, Kec. Tapos, Kota Depok. Pengabdian ini terfokuskan pada pemberdayaan anak-anak dalam melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh yang terjadi akibat adanya wabah virus Covid-19. Para orang tua mengeluhkan kurangnya pemahaman dalam penggunaan teknologi menyebabkan mereka sulit untuk membimbing anak mereka ketika pembelajaran jarak jauh berlangsung. Program kerja yang dirancang dalam pengabdian adalah pengenalan komputer kepada anak-anak sebagai penunjang proses pembelajaran jarak jauh yang terjadi. Proses pengenalan meliputi pengenalan komputer, baik perangkat lunak dan perangkat keras, cara penggunaan aplikasi Microsoft Word beserta cara penulisan huruf serta simbolnya, serta penggunaan aplikasi Paint 3D sebagai sarana hiburan bagi anak-anak dengan menggambar dan mewarnai. Melalui program kerja yang dilakukan selama tiga kali pertemuan, anak-anak terlihat sudah cukup mengetahui hal-hal dasar dalam penggunaan komputer, dan memahami cara penggunaan aplikasi Microsoft Word dan Paint 3D. Kedepannya diharapkan anak-anak mendapatkan pembelajaran komputer lebih lanjut, sehingga anak-anak dapat lebih memahami penggunaan komputer dalam proses pembelajaran jarak jauh
Referensi
Anshor, S. (2018). “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya” Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100. http://194.59.165.171/index.php/CC/article/download/70/114
Gani, A. G. (2014). e-Learning Sebagai Peran Teknologi Informasi Dalam Modernisasi Pendidikan. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.35968/jsi.v3i1.52
Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 2(1), 13–28.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Berita Negara. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 879, 2004–2006.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) [Distance Learning based on Information and Communication Technology (ICT)].
Qodim, H., Kusnawan, A., Sarbini, Miharja, D., & Akmaliyah. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra dengan Satgas Covid-19 (Vol. 148).
Riyandi, A., Aulianita, R., Wiyatno, A., Triantori, V., & Musyaffa, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 2(2), 37–42. https://doi.org/10.33480/abdimas.v2i2.1682
Sukendro, S., Habibi, A., Khaeruddin, K., Indrayana, B., Syahruddin, S., Makadada, F. A., & Hakim, H. (2020). Using an extended Technology Acceptance Model to understand students’ use of e-learning during Covid-19: Indonesian sport science education context. Heliyon, 6(11), e05410. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05410
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ismania Hidayatika
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.