Sosialisasi Aplikasi PLN Mobile Pada Masyarakat Desa Sukamantri Bekerjasama dengan PLN Setempat

Penulis

  • Ahmad Wendy Yusuf Bahtiar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Assyifa Junitasari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Sosialisasi, Pelayanan Masyarakat, Aplikasi, PLN Mobile

Abstrak

Pada dasarnya seorang pelanggan pasti menuntut pelayanan atau service yang bagus dari pihak PLN terkait dengan pelayanan kepada masyarakat yang diberikan PLN itu sendiri. Era globalisasi saat ini, menuntut organisasi ataupun perusahaan untuk senantiasa meningkatkan pelayanan secara profesional sesuai dengan bidangnya masing-masing. PLN berupaya menciptakan inovasi terbaru saat ini, yakni PLN Mobile. PLN Mobile ini terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). Program PLN Mobile ini merupakan wujud inovasi dan layanan pusat kontak (contact center) “PLN 123” dengan menciptakan aplikasi “PLN Mobile”. Sosialisasi ini diberikan kepada masyarakat di Desa Sukamantri dilakukan dengan menggunakan media webinar dan dipaparkan sosialisasi yang bersangkutan mengenai aplikasi PLN Mobile. Dari hasil pengabdian masyarakat terhadap penggunaan aplikasi PLN Mobile tersebut terdapat 3 indikator keberhasilan yaitu jumlah kehadiran, kemampuan memahami apa itu aplikasi PLN Mobile, dan memahami cara penggunaan aplikasi PLN Mobile

Referensi

Abdullah Idi. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Abdurrachman, Oemi. 2001. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : Citra Adhitya Bakti.

Anggoro, M. Toha. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka

Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodelogi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Effendy,Onong Uchjana. 2009 .Human Relation & Public Relation. Bandung: CV. Mandar Maju, Bandung

Kotler, P dan Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 (Terjemahan),

Jilid 1. Jakarta: PT Mancana Jaya Cemerlang

Nurudin, 2007.Pengantar Komunikasi Massa.Jakarta : Raja Grafindo Persada

Oemi Atiyah. 2007. Profesionalisme Kehumasan. Jurnal Komunikasi, Vol. 10, No. 1 Th. 2007.

Rachmadi, F. 1992. Public Relations dalam Teori dan Praktek. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ruslan, Rosady. 2005. Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasi). PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

www.pln.co.id

https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/24/191500365/pln-luncurkan-aplikasi-new-pln-mobile-ini-layanan-yang-bisa-diakses?page=all

https://www.antaranews.com/berita/1419257/pln-ajak-masyarakat-gunakan-aplikasi-pln-mobile-saat-wabah-corona

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Bahtiar, A. W. Y. ., & Junitasari, A. (2021). Sosialisasi Aplikasi PLN Mobile Pada Masyarakat Desa Sukamantri Bekerjasama dengan PLN Setempat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(20), 18–24. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/423

Terbitan

Bagian

Articles