Sosialisasi Aplikasi PLN Mobile Pada Masyarakat Desa Sukamantri Bekerjasama dengan PLN Setempat
Kata Kunci:
Sosialisasi, Pelayanan Masyarakat, Aplikasi, PLN MobileAbstrak
Pada dasarnya seorang pelanggan pasti menuntut pelayanan atau service yang bagus dari pihak PLN terkait dengan pelayanan kepada masyarakat yang diberikan PLN itu sendiri. Era globalisasi saat ini, menuntut organisasi ataupun perusahaan untuk senantiasa meningkatkan pelayanan secara profesional sesuai dengan bidangnya masing-masing. PLN berupaya menciptakan inovasi terbaru saat ini, yakni PLN Mobile. PLN Mobile ini terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). Program PLN Mobile ini merupakan wujud inovasi dan layanan pusat kontak (contact center) “PLN 123” dengan menciptakan aplikasi “PLN Mobile”. Sosialisasi ini diberikan kepada masyarakat di Desa Sukamantri dilakukan dengan menggunakan media webinar dan dipaparkan sosialisasi yang bersangkutan mengenai aplikasi PLN Mobile. Dari hasil pengabdian masyarakat terhadap penggunaan aplikasi PLN Mobile tersebut terdapat 3 indikator keberhasilan yaitu jumlah kehadiran, kemampuan memahami apa itu aplikasi PLN Mobile, dan memahami cara penggunaan aplikasi PLN Mobile
Referensi
Abdullah Idi. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Abdurrachman, Oemi. 2001. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : Citra Adhitya Bakti.
Anggoro, M. Toha. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka
Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodelogi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Effendy,Onong Uchjana. 2009 .Human Relation & Public Relation. Bandung: CV. Mandar Maju, Bandung
Kotler, P dan Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 (Terjemahan),
Jilid 1. Jakarta: PT Mancana Jaya Cemerlang
Nurudin, 2007.Pengantar Komunikasi Massa.Jakarta : Raja Grafindo Persada
Oemi Atiyah. 2007. Profesionalisme Kehumasan. Jurnal Komunikasi, Vol. 10, No. 1 Th. 2007.
Rachmadi, F. 1992. Public Relations dalam Teori dan Praktek. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Ruslan, Rosady. 2005. Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasi). PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
www.pln.co.id
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ahmad Wendy Yusuf Bahtiar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.