Analisis Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Lirik Lagu “Dreamers” Yang Dipopulerkan Oleh Jungkook Dan Fahad Al Kubaisi
Kata Kunci:
Language, Code Switching, Code MixingAbstrak
Code Switching and Code Mixing" research on the lyrics of the song Dreamers: Sociolinguistic study to explore and understand the phenomenon of code switching, code mixing and the factors that occur in code switching and code mixing in the song "Dreamers" in depth. By using descriptive qualitative analysis methods, this research is expected to reveal how code switching, code mixing and the factors that cause code switching and code mixing are used in the song "Dreamers" and how this affects the listener's understanding and appreciation, as well as reflecting the cultural and linguistic identity of the the artists.
Referensi
SUHARDI, Basuki. 2009. Pedoman Penelitian Sosiolinguistik. Jakarta Timur: Pusat Bahasa
Departemen Pendidikan Nasional
Mokodompit, Pebrian Fransisco. (2018). “Campur Kode Dalam Lirik-Lirik Lagu Saykoji”.
Jurnal Skripsi. Fakultas Ilmu Budaya. Manado: Universitas Sam Ratulangi.
Nababan. (1984). Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia
Susanti, Esa Ufi. (2017). “Alih Kode dan Campur Kode Dalam Lirik Lagu Band Vamps”.
Jurnal Skripsi. Fakultas Ilmu Budaya. Semarang: Universitas Diponegoro.
Grace, Bellatrix. (2022). “Alih Kode dan Campur Kode Dalam Lirik Lagu Boygroup A.C.E”.
Jurnal Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra. Jakarta Selatan: Universitas Nasional.
Nul Yakin, Arief Rahman. (2022). “Analisis Campur Kode Dalam Kumpulan Album Lagu
Daerah Manggarai Karya Bona Jemarut”. Jurnal Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Mataram. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Betanissa, Zenith, Tyaga, Anggita. (2022). “Analisis Makna Motivasi Dalam Lirik Lagu
Dreamers Karya Jungkook dan Fahad Al Kubaisi”. Jurnal Penelitian dan Pengabdian
Masyarakat. Jakarta. Universitas Al- Azhar Jakarta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tasya zulmila

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

