Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di Kampung Nyalindung

Penulis

  • Andi Okgianto UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Cantika Riani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Kridha Nurul Jannah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pendidikan, Motivasi Belajar Anak, Pandemi Covid-19

Abstrak

Motivasi belajar anak yang menurun akibat dari diberlakukannya sistem belajar daring yang membuat anak-anak merasa jenuh karena terlalu lama berada di dalam rumah. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar anak untuk tetap belajar pada masa pandemi Covid-19. Melalui pengabdian ini diharapkan para mahasiswa dapat berperan dalam mengabdi kepada negeri dengan cara berpartisipasi dalam masyarakat, terutama dalam bidang pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini. Sasaran dari pengabdian ini adalah pelajar baik pada tingkat TK sampai pada tingkat SMP di Kampung Nyalindung, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat yang mengalami kesulitan dalam hal fasilitas belajar maupun kualitas SDM pengajar yang masih kurang baik. Metode pengabdian yang digunakan adalah SISDAMAS atau Berbasis Pemberdayaan Masyarakat melalui empat tahapan kegiatan, yaitu social reflection, community organizing dan social mapping, participation planning serta action. Hasil pengabdian ini adalah motivasi belajar anak meningkat. Hal itu terbukti dari motivasi belajar siswa meningkat setelah adanya kegiatan pengabdian ini. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari perhatian penuh anak terhadap pelajaran, anak memiliki semangat untuk melakukan tugas-tugas belajarnya, reaksi baik ditujukan anak terhadap stimulus yang diberikan pengajar, anak merasa senang dan puas dalam mengerjakan tugas yang diberikan serta anak menguasai materi yang diberikan.

 

Referensi

Cahyani, A., Listiani, I. D., & Larasati, S. P. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140.

Darmuki, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video di Youtube Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 655-661.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496-503.

Jamilah. (2020). Guru Profesional di Era New Normal: Review Peluang dan Tantangan dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 238-247. http://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494.

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. JURNAL TATSQIF: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 17(1), 19-33.

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and e-learning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 1925-1930.

Liliawati, A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558.

Lukman, B., Salawati, F., & Raffi, M. (2017). Perkembangan Teknologi Pada Masyarakat Desa Mantang RT 06 Kabupaten Bintan, 1(2). Jurnal Masyarakat Maritim, 1-72.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1-12.

Novisantriani, D. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Outbound dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas II di MI NW Badrussalam Sekarbela Mataram Tahun Ajaran 2019/2020. Mataram: e-library Universitas Muhammadiyah Mataram, 8. Retrieved from https://repository.ummat.ac.id/1611/3/COVER-BAB%20III.pdf.

Rosa, N. N. (2020). Hubungan Dukungan Sosial terhadap Motivasi Belajar Daring Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 1(2), 147-153.

Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. (2020). Upaya Guru dalam Membangun Interaksi Siswa melalui Metode Belajar Sambil Bermain. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146-163.

Samudi. (2014). Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berlari Melalui Model Permainan Perlombaan Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Bandung Wonosegoro Boyolali. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 83-96.

Zellawati, A. (2011). Terapi Bermain Untuk Mengatasi Permasalahan Pada Anak. Majalah Ilmiah Informatika, 2(3), 164-175.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Jr, J. F. (2004). Can e-learning Replace Clasroom Learning? Communications of the ACM, 47(5), 75-79.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-06

Cara Mengutip

Okgianto, A. ., Riani, C. ., & Jannah, K. N. . (2021). Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di Kampung Nyalindung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(33), 98–109. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/409

Terbitan

Bagian

Articles