Analisis Pengendalian Remaja dalam Menghadapi Stres Belajar Saat Pandemi Covid-19 di Desa Cibiru Wetan
Kata Kunci:
Resiko Stres, Remaja, Pandemi Covid-19,, Pembelajaran DaringAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiko stres pada remaja saat pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat stres remaja di Desa Cibiru Wetan, ada yang bisa dikendalikan dan tidak. Sebagian remaja mengaku bahwa mereka mengalami stred dengan pembelajaran daring ini, dikarenakan banyaknya tugas sekolah yang menumpuk namun mereka kurang memahaminya. Hal tersebut juga disebabkan oleh beberapa hal seperti gangguan jaringan dan masalah perangkat pembelajaran. Walaupun begitu, sebagian remaja yang lainnya masih bisa mengendalikan rasa stres tersebut dengan tetap berusaha belajar dengan membaca buku-buku pelajaran, berfikir positif dan mendapat dukungan dari orang tua.
Referensi
Mudjia Rahardjo, Metode Pengumpulan Penelitian kualitatif, UIN Malang .
Moleong Lexy, J., 2007, Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Khoerul bariyyah dan M. Farid, Konsep diri, Adversity Quetient dan penyesuaian diri pada remaja, jurnal psikologi indonesia, Vol.5, No 2, hal 137
Wayan diah Anima Winayaka Putri, jurnal Prevalensi Stres Psikososial dan Faktor-faktor yang mempengaruhi pada Siswa-Siswi Kelas XII Studi Pendidikan IPA dan IPS SMAN 6 Denpasar, Fakultas Kedokteran Udayana
Ida Umami. 2019. Psikologi Remaja, Yogyakarta: Idea Press.
Esa Nur wahyuni. 2017.Mengelola Stres Dengan Pendekatan Cognitif Behaviour Modification, jurnal studi eksperimen pada mahasiswa Baru pendidikan agama islam (PAI), Tadrib, Vol.3.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ayu Heliana Lestari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.