Branding Opak Aci di Desa Mekarjaya RT/RW 03/03
Abstrak
Pada dasarnya dizaman serba canggih ini UMKM perlu melakukan branding agar bisnisnya dapat berkembang besar dan berdaya saing seiring perkembangannya. Salah satu cara mem-branding dapat dimulai melalui desain logo. Pada Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan mulai bulan Juli 2023 hingga Agustus 2023 di Kabupaten Bandung, Kecamatan Arjasari, Desa Mekarjaya. Metode pengabdian berupa penelitian deskriptif kualitatif. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan mendiskusikan permasalahan yang ada pada mitra terkait visual branding. Setelah permasalahan diidentifikasi, kemudian tim KKN SISDAMAS 20-21 memutuskan untuk memberikan solusi berupa perancangan logo sebagai bagian dari branding dengan tujuan UMKM opak aci ini dapat bersaing dipasaran dan menjadi lebih unggul. Perancangan logo terdiri dari beberapa tahap yang mencakup riset, membuat sketsa kasar, membuat beberapa alternatif desain logo secara computerized, memilih dan menentukan desain logo yang paling tepat yang merepresentasikan brand opak aci Amih Mulyati ini, dan membuat final logo yang lengkap dengan tagline. Perancangan logo oleh tim KKN SISDAMAS 20-21 didasari oleh riset mendasar dimana belum ada produk pesaing sejenis yang memuat logo seperti itu. Kegiatan abdimas diakhiri dengan penyerahan hasil desain logo kepada mitra yakni UMKM yang memproduksi opak aci Amih Mulyati.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aulya Putri Rahmawati Putri, Ghaida Firdaus Ghaida, Nabila Sauma Fitri Nabila , Muhammad Reynaldi Yusuf Ucup, Suteja Wira Dana Kusuma M.E Suteja

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

