Pelaksanaan Pendidikan Islam di RW 06, 08 dan 09 Desa Girimukti

(Studi Kasus Peran Pengabdian KKN Sisdamas di RW 06, 08 dan 09 Desa Girimukti Kec. Saguling Kab. Bandung Barat)

Penulis

  • Zahra Noer Audyta
  • Siti Nuranissa
  • Rahma Amatul Hilmiati
  • Raden Bagus Hendri L
  • Amelia Diah Anggraeni

Kata Kunci:

Girimukti,, Islamic Cultural Heritage, Pengajian, Pendidikan

Abstrak

Salah satu perkembangan Pendidikan islam di Indonesia ditandai dengan munculnya sekolah-sekolah modern secara menyeluruh. Hal tersebut dipicu oleh kekhawatiran para orangtua terhadap minimnya Pendidikan yang layak bagi anak di sekolah formal. Sehingga, hingga saat ini Lembaga Pendidikan Madrasah Diniyah masih tetap bertahan, walaupun kurang mendapat perhatian dari pemerintah baik dari segi anggaran maupun dari segi tenaga kerja. Melalui KKN Sisdamas ini para Mahasiswa melakukan pengabdian di RW 06, 08, dan 09 Desa Girimukti Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat. Sebelumnya Para peserta KKN melakukan observasi terlebih dahulu ke lapangan untuk mengetahui potensi apa saja yang terdapat di desa tersebut dan juga untuk mengetahui terkait hal apa saja yang bisa dilakukan oleh para peserta KKN kedepannya. Kami melaksanakan kegiatan program kerja di MDTA, pengajian rutin Ibu-Ibu, Sholawat, Tawasul dan Manaqiban, dan juga Podcast Moderasi Beragama.  Dalam hal ini, kami selaku peserta KKN ikut berpartisipasi, membantu, serta mendukung kegiatan-kegiatan yang terdapat di lembaga-lembaga pendidikan Islam, serta sejumlah kegiatan yang diselenggarakan oleh DKM setempat. Metode pengabdian KKN ini menggunakan metode Kualitatif. Hasil dari dilaksanakannya program kerja melalui kegiatan KKN SISDAMAS ini membuat masyarakat merasa terbantu dan menjadikan inovasi baru dalam metode pembelajaran dan proses kegiatan.

Referensi

Mardikanto dan Soebianto. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan

publik. Bandung: Alfa-Beta, 2012.

Riduwan, Akhmad. “Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh

Perguruan Tinggi.” EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) 3, no. 2 (2016): 95.

https://doi.org/10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886.

Rosenshine, Barak. “Five meanings of direct instruction.” Center on innovation &

Improvement, 2008, 1–10.

Wani, Misbahul. “Pemuda Dalam Al-Qur’an Dan As-Sunnah: Pemuda Islam Yang

Berkualitas Tidak Lepas Dari Pendidikan Orang Tua Yang Totalitas.” Al-Dzikra:

Jurnal Studi Ilmu al-Qur’an dan al-Hadits 13, no. 1 (2019): 71–94.

https://doi.org/10.24042/aldzikra.v13i1.2077

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Zahra Noer Audyta, Siti Nuranissa, Rahma Amatul Hilmiati, Raden Bagus Hendri L, & Amelia Diah Anggraeni. (2023). Pelaksanaan Pendidikan Islam di RW 06, 08 dan 09 Desa Girimukti: (Studi Kasus Peran Pengabdian KKN Sisdamas di RW 06, 08 dan 09 Desa Girimukti Kec. Saguling Kab. Bandung Barat). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(3), 164–177. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3829