Efektivitas Pelatihan Kesadaran Diri dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Yayasan Pondok Pesantren Al-Istiqomah Kebondanas
Abstrak
Kedisiplinan terhadap aturan yang berlaku di pondok pesantren menjadi tantangan tersendiri bagi santri. Berangkat dari latar belakang berbeda, membuat para santri perlu menyesuaikan diri dengan aturan yang berlaku. Kedisiplinan dalam mentaati aturan tidak dapat tumbuh dengan sendirinya melainkan perlu adanya kesadaran dalam diri individu sehingga, peneliti ingin melihat apakah kesadaran diri santri dapat mempengaruhi tingkat kedisiplinan santri terhadap aturan yang berlaku di Yayasan Pondok Pesantren Al-Istiqomah Kebondanas (YPPAK) Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental, instrumen berupa angket kedisiplinan peserta didik, dalam kasus ini peserta didik ialah santri Pondok Pesantren Al-Istiqomah Kebondanas. Penelitian dilakukan dengan membagi masa penelitian kedalam 3 tahapan yaitu pre-test. Pemberian intervensi berupa penyampaian 3 materi kepada santri terkait dengan kedisiplinan, mengenal diri, serta mengenal emosi, dilanjut dengan pemberian worksheet berupa mood tracker dan amalan yaumiyah. Pekan terakhir ditutup dengan post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesadaran diri yang dimiliki individu dapat berpengaruh terhadap meningkatnya kedisiplinan pada santri di Yayasan Pondok Pesantren Al-Istiqomah Kebondanas (YPPAK) Kabupaten Subang.
Referensi
Abdurahman. (2004). Psikologi Pendidikan Tanpa Kekerasan Yogyakarta Tiara Wacana.
Ahmadi, A. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta
Esmiati, A. N., Prihartanti, N., & Partini, P. (2020). Efektivitas pelatihan kesadaran diri untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 113. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.11052
Flurentin, E. (2012). Latihan Kesadaran Diri (Self Awarness) dan Kaitannya dengan Penumbuhan Karakter. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 9-18.
Hadi, S. (2015). Statistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hatami, F., Ghahremani, L., Kaveh, M. H., & Keshavarn, S. (2016). The Effect of Self-Awareness Training with Painting on Self—Efficacy Among Orphaned Adolescents. Researrch Paper, 4(2), 89-96.
Hobson, R. P., Chidambi, G., Lee, A., Meyer, J., Müller, U., Carpendale, J. I. M., ... & Racine, T. P. (2006). Foundations for self-awareness: An exploration through autism. Monographs of the society for research in child development, i-166.
Jinot, B. L. (2018). The Causes of a Lck of Discipline Among Secondary School Learners in Mauritisius. Mediterranean Journal of Social Sciences, 9(1), 35-46
Mayer, J.D., Caruso, D., & Salovey, P. 2004. Emotional Intelligence: Theory, Findings, and Implications, psychological Inquiry, Vol. 15 No. 3, 197-215. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Muchtar. (2015). Upaya Meningkatkan Disiplin Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Kelas XI Otomotif SMK N 1 Belimbing. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 19-31
Rasheed, S. P. (2015). Self-Awareness as a Therapeutic Tool for Nurse/ client Relationship. International Jounal of Caring Sciences, 8(1), 211-216.
Simba, N. O., Agak, J. O., & Kabuka, E. K. (2016). Impact of Discipline on Academic Performance of Pupils in Public Primary Schools in Muhoroni Sub-Country, Kenya. Journal of Education and Practice, 7(6), 164-173
Soolgi, H., & Sungjae, K. (2016). An Integrative Literature Review on Self-Awareness Education/Training Programs in The Nursing Area. Perspectives in Nursing Science, 13(2), 56-69.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tu’u, Tulus. (2004). Peranan disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta : Gramedia Widyasarana Indonesia.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Syifa Nur Azzizah, Anjani Siti Kirania, Fatih Elhaq
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.