Optimalisasi Pembelajaran Daring Tingkat Sekolah Dasar Kelurahan Jelekong Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung

Penulis

  • Rini Sulastri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Amalia Azizah Ma’rup UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fikri Muzaki UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fitra Hanif Pratama UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Annisa Nur Mustika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pembelajaran Daring, Peserta Didik, Sekolah Dasar

Abstrak

Proses pembelajaran tingkat Sekolah Dasar yang dilaksanakan secara daring mengalami berbagai kendala bagi peserta didik dan orangtua, khususnya di RT.02 RW.03 Kelurahan Jelekong Kecamatan Baleendah. Peserta didik sulit memahami materi yang disajikan guru dalam bentuk tugas, yang mengakibatkan menurunya semangat belajar. Orang tua merasa kesulitan dalam membimbing belajar anak dan tidak semua dapat orang tua dapat mendampingi anaknya untuk belajar secara daring. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk membantu mengatasi permasalahan warga  RT.02 RW.03 dalam mengopltimalkan pembelajaran daring tingkat Sekolah Dasar. Pengabdian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui berbagai program pengoplimalisasian pembelajaran daring, maka pengabdian ini telah berhasil memberikan pendampingan proses pembelajaran peserta didik tingkat sekolah dasar. Permasalahan yang dihadapi peserta didik dan orang tua dalam proses pembelajaran online dapat teratasi.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-06

Cara Mengutip

Sulastri, R. ., Ma’rup, A. A., Muzaki, F. ., Pratama, F. H. ., & Mustika, A. N. . (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Tingkat Sekolah Dasar Kelurahan Jelekong Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(29), 117–125. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/370

Terbitan

Bagian

Articles