Sosialisasi Peranan Digital Marketing Bagi UMKM Di Desa Ujung Genteng

Penulis

  • Dhini Rachmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nindia Ramadhani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tasya Aulia Komarullah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Digital Marketing, Social Media, UMKM

Abstrak

media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran digital, terutama media sosial, bagi para pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan penjualan dan laba mereka. Dihadiri oleh peserta UMKM Desa Ujung genteng, metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah; pertama, penjelasan menggunakan sosial media; kedua, berbagi pengalaman dan diskusi; dan terakhir, praktik langsung membuat akun media sosial (Facebook dan Instagram) dan cara membuatnya menarik bagi pembeli (gambar, kata-kata, cerita, dll). Hasilnya menunjukkan bebarapa pelaku usaha secara aktif menggunakan media sosial sebagai alat promosi mereka dan mereka belum memisahkan akun toko online mereka dengan akun pribadi mereka, beberapa orang lain menggunakannya sesekali, dan sisanya peserta tidak pernah menggunakan pemasaran media sosial karena kurangnya teknologi ketrampilan. Semua peserta menunjukkan minat besar untuk menggunakan pemasaran media sosial secara terus menerus.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-06

Cara Mengutip

Rachmawati, D. ., Ramadhani, N. ., & Komarullah, T. A. . (2021). Sosialisasi Peranan Digital Marketing Bagi UMKM Di Desa Ujung Genteng. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(29), 89–104. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/366

Terbitan

Bagian

Articles