Pengaruh Pengetahuan Awal Dasar Akuntansi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Siswa Madrasah Aliyah At-Taqwa Kelas XII Desa Cihampelas

Penulis

  • Aldi Nurhikmah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Novi Hidayati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kecerdasan emosional, Akuntansi, Kecerdasan Emosional

Abstrak

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan awal akuntansi dan kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi. Sampel penelitian ini berjumlah 15 responden atau 1 angkatan dari MA At-taqwa desa cihampelas. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dijawab oleh subjek dan selanjutnya dianalisis statistik dengan menggunakan statistival packages for social science (SPSS) for windows release 17.0. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) secara parsial pada uji t pengetahuan awal tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai yang diperoleh t-hitung 0.992 < t-tabel 2.178; (2) secara parsial pada uji t kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai yang dipearoleh  t-hitung 0.625 < t-tabel 2.178 ; dan (3) secara simultan pada uji f pengetahuan awal dasar akuntansi dan kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi pada siswa madrasah aliyah at-taqwa kelas XII desa cihampelas dengan nilai yang diperoleh nilai F hitung = 0.598 < F tabel = 3.89.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-14

Cara Mengutip

Nurhikmah, A. ., & Hidayati, N. (2023). Pengaruh Pengetahuan Awal Dasar Akuntansi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Siswa Madrasah Aliyah At-Taqwa Kelas XII Desa Cihampelas. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(1), 140–151. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3631