Dinamika Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Teori Hierarki Kebutuhan Maslow: Persepsi, Tantangan, dan Harapan Di SDN Pasir Kalapa

Penulis

  • Muhammad Lutfan Alfarizki - UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farida Rahmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Irma Herviyanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • T. Tutut Widiastuti A, M.Pd UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Belajar, Guru, Maslow, Motivasi, Siswa, sekolah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa itu motivasi belajar siswa, peranan motivasi dalam proses pembelajaran, tantangan dan harapan yang dihadapi sebagai aspek yang memengaruhi motivasi belajar siswa, serta aplikasi Teori Hierarki Kebutuhan Maslow terhadap kebutuhan siswa sekolah dasar berdasarkan tempat penelitian, yaitu SDN Pasir Kalapa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, di mana metode yang digunakan merupakan pendekatan studi kasus terhadap SDN Pasir Kalapa di Desa Situwangi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak tantangan yang dialami bagi pelajar maupun pengajar di SDN Pasir Kalapa, Desa Situwangi. Masalah ini merupakan masalah dasar dari aspek sarana dan prasarana, di mana hal-hal tesebut memengaruhi hierarki kebutuhan motivasi belajar siswa dalam beberapa hal, seperti kebutuhan fisiologis, keamanan dan kenyamanan, penghargaan atas prestasi belajar, hingga kebutuhan aktualisasi diri para pelajar. Kesimpulannya adalah beberapa tantangan yang ada di SDN Pasir Kalapa antara lain seperti kekurangan fasilitas belajar, pemilihan metode pembelajaran, kurangnya relevansi materi, tekanan dan beban belajar, sulit memahami konsep dasar materi, kurangnya kompetensi para pendidik dalam menggali potensi peserta didik, masalah pada efektifitas efisiensi dan standardisasi pengajaran, dan kurikulum yang cenderung bersifat sentralistik. Sedangkan pada harapan di SDN Pasir Kalapa yaitu pembelajaran yang relevan dan bermakna, mendorong kreativitas dan berpikir kritis, dukungan sosial dan emosional, pemberian ruang bagi minat pribadi, dan sekolah diharapkan mampu bertindak sebagai agen masyarakat.

Referensi

Abdi, H. (2021, October 11). Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli dan Jenis-jenisnya yang Perlu Dikenali. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/hot/read/4681419/pengertian-motivasi-menurut-para-ahli-dan-jenis-jenisnya-yang-perlu-dikenali

Arwildayanto, Suking, A., & Tune Sumar, W. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan (Kajian Teoretik, Eksploratif, dan Aplikatif). www.cendekiapress.com

Bagaskara. (2022, May 17). Menilik UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia. Mutu International.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. In Jurnal Penelitian Pendidikan (Vol. 12, Issue 1). https://static-eoffice.bmkg.go.id/minio_cache/1636363678-data-pendukung-1756.pdf

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2).

Lexsi Uang, O., M Rengkung, M., & S Sembel, A. (2017). Evaluasi Ketersediaan Fasilitas Pendidikan SLTP di Kecamatan Mapanget. Ejournal Unsrat, 4(3), 235–236. https://doi.org/https://doi.org/10.35793/sp.v4i3.18271

Prianto, A., & Heni Putri, T. (2017). Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar, Dukungan Orangtua Yang Dirasakan Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMA PGRI Ngimbang Lamongan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, Dan Manajemen (JPEKBM), 1(2), 13–38. https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/475

Robbins, S. P. (2002). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Sri Mendari, A. (2010). Aplikasi Teori Hierarki Kebutuhan Maslow Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Widya Warta, 1(1), 82–83.

Patandung,Y.,& Panggua,S.(2022).Analisis Masalah Pendidikan dan Tanatangan Pendidikan Nasional.Jurnal Sintestesia,12(02)

Zulfa,F.,Jahari,J.,& Hermawan,A.(2021). Peluang dan Tanatangan Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Pada masa Covid 19.J-MPI (jurnal manajemen pendiidkan islam),6(1)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

-, M. L. A., Farida Rahmawati, Irma Herviyanti, & T. Tutut Widiastuti A, M.Pd. (2024). Dinamika Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Teori Hierarki Kebutuhan Maslow: Persepsi, Tantangan, dan Harapan Di SDN Pasir Kalapa . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 225–242. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3549