Potensi dan Strategi Pengelolaan Kopi Bumdes Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu

Strategi Untuk Peningkatan Penjualan

Penulis

  • Fariska Oktimelia Sunanda UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Kais Agung
  • Raghib Musoffa
  • Toneng Listiani

Kata Kunci:

Kopi, Potensi Bumdes, Startegi Marketing

Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara beserta observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) potensi yang dikelola oleh Bumdes Sugihmukti; (2) proses pengelolaan kopi Bumdes Sugihmukti; (3) sistem penjualan kopi Bumdes Sugihmukti; (4) strategi Bumdes dalam meningkatkan omzet; (5) faktor penghambat dan pendukung upgrading Bumdes Sugihmukti.

Kata Kunci: Kopi, Strategi Marketing, Potensi Bumdes

Referensi

Ajat Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish

Amirullah dan P. Tandisau. 2005. Studi identifikasi kebutuhan teknologi jagung spesifik lokasi lahan kering di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional Jagung 2005. Suyamto et al. (Dewan Redaksi). Puslibangtan. Hal. 814-819.

Asiah, N., Septiyana, F., Saptono, U., Cempaka, L., & Sari, D. A. (2017). Identifikasi Cita Rasa Sajian Tubruk Kopi Robusta Cibulao Pada Berbagai Suhu Dan Tingkat Kehalusan Penyeduhan. Barometer, 2(2), 52–56.

Departemen Pertanian RI. 2004, Rencana Strategis Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian 2005- 2009. Jakarta: Departemen Pertanian RI

Eleonora, L. (2017). Bangkitnya Semangat Kopi Specialty di Kota Pahlawan. Kopikini., diakses 10 September 2023, dari http://kopikini.com/bangkitnya-semangat-kopi-specialty-di-kota-pahlawan

Faisal, Muhammad. Pembangunan Desa dalam Perspektif Sosiohistoris. Makassar: Garis Khatulistiwa, 2019.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset

Jufriyanto M. 2020. Analisis tingkat kepuasan konsumen pada kualitas pelayanan kedai kopi shelter. Matrik: Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi. 20(2): 79-90. https://doi.org/10.30587/matrik. 202.1131

Kusno, K., Fadli, M., Karyani, T., & Djuwendah, E. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Keputusan Konsumen Dalam Membeli Kopi Arabika Manglayang Larlina di Warung Kopi Kiwari. Agricore, 4(2528), 13–22 Kusno, K., Fadli, M., Karyani, T., & Djuwendah, E. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Keputusan Konsumen Dalam Membeli Kopi Arabika Manglayang Larlina di Warung Kopi Kiwari. Agricore, 4(2528), 13–22

Rossi M, Ethika D, Widyarini I. 2021. Analisis kepuasan konsumen kopi pada kedai kopi di wilayah Purwokerto. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 5(3): 878-891. https://doi.org/10.21776/ ub.jepa.2021.005.03.25

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Sunanda, F. O., Agung, K., Musoffa, R. ., & Listiani, T. . (2024). Potensi dan Strategi Pengelolaan Kopi Bumdes Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu: Strategi Untuk Peningkatan Penjualan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 243–253. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3539