Optimalisasi Pemberdayaan Tempat Pendidikan Al- Qur’an (TPA) di Masjid Nurul Fallah (Studi Pada Masjid Nurul Fallah, Dusun Sidodadi, Desa Ciasem Girang)
Kata Kunci:
Masjid, Tempat Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Ciasem GirangAbstrak
Artikel ini membahas mengenai salah satu program kuliah kerja nyata (KKN) kelompok 333 yaitu pemberdayaan tempat Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang ada di Masjid Nurul Fallah, dusun Sidodadi, Desa Ciasem Girang, Kecamatan Ciasem, kabupaten Subang. Dengan melakukan survei, wawancara serta ikut mengajar di TPA Nurul Fallah. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan TPA di Masjid Nurul Fallah kurang efisien dikarenakan kurangnya tenaga pengajar dimana pengajar di TPA masjid Nurul Fallah ini hanya ada pak Ustadz Wawan. Karena itu, kami mengajak ikatan remaja masjid (irmas) yag ada di dusun Sidodadi untuk membantu mengajar di TPA masjid Nurul Fallah.
Referensi
Astari, P. (2014). Mengembalikan Fungsi Masjid Sebagai Pusat Peradaban Masyarakat: Jurnal Ilmu dakwah dan Pengembangan Komunitas Vol. 9 No.1. 33- 44.
Hasibuan, P.S. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara : Jakarta. Kartasasmita, G. (1995). Pemberdayaan Masyarakat Sebuah Tinjauan Administrasi.
Malang.
Mardikanto, T. dkk. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Persfektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fitri Febriani, Mohamad Burdah Apani, Tsakila Malahayati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.