Penerapan Metode Drilling dalam Mengembangkan Kosa Kata Bahasa Inggris dan Arab pada Anak Usia Dini

Penulis

  • Ghefira Putri Andaliftya Pendidikan Bahasa Inggris, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hanina Nur Fadhilah Pendidikan Bahasa Inggris, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rahma Rizki Sukma Administrasi Publik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

metode drilling, kosa kata, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, anak usia dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan metode drilling sebagai metode pengajaran yang efektif untuk mengembangkan kosa kata anak usia dini dalam Bahasa Inggris dan Arab. Metode drilling adalah metode pengajaran yang menggunakan pengulangan kata atau frasa secara terus menerus untuk membantu siswa mengingat dan menguasai materi. Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa KKN Sisdamas 2023 di TK Ikhlasul Amin, RW 05 Desa Malasari. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan eksperimen dengan melibatkan guru dan anak-anak di TK tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drilling dapat meningkatkan kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis anak usia dini serta membangun rasa percaya diri dan minat belajar mereka. Anak-anak lebih mudah mengingat dan menguasai kosa kata Bahasa Inggris daripada Bahasa Arab. Anak-anak juga lebih antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan belajar dengan metode drilling daripada metode konvensional. Penelitian ini merekomendasikan agar guru TK Ikhlasul Amin dapat menerapkan metode drilling dalam proses belajar mengajar di kelasnya.

Referensi

Arumsari, A. D., Arifin, B., Rusnalasari, Z. D., & Inggris, B. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 4(2), 82–170.

Desti. Y. S dkk. 2017. Implementasi Kemampuan Vocabulary Bahasa Inggris Melalui Metode Drill Berbasis Lingkungan. Vol 2, No NO 1(https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3718

Fransiska, R. (2016). The Use Of Drilling Technique In Teaching English Vocabulary To The Seventh Grade Students Of Smp Negeri 2 Tanggulangin [Unpublished Thesis, Universitas Airlangga]. http://lib.unair.ac.id

Halimah, H., Nurviyani, V., Saepulah, A., Helmie, J., Wandawati, R. W., & Mutiah, S. (2022). Virtual Reality-Supported Drilling Strategy In Teaching English Vocabulary To Young Learners. Acitya: Journal of Teaching and Education, 4(1), 88–100. https://doi.org/10.30650/ajte.v4i1.3195

Holidazia, R., & Rodliyah, R. S. (2020). Strategi Siswa dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 111–120. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24562

Kompasiana.com. (2021, November 9). Meningkatkan Vocabulary Bahasa Inggris untuk Siswa SD Melalui Metode Drill. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/rain942/618a17532a960930e73f3ec2/meningkatkan-vocabulary-bahasa-inggris-untuk-siswa-sd-melalui-metode-drill?

Hartanti, L. D., & Junanto, S. (2023). IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PENGENALAN KOSA KATA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELAS B DI TK AISYIYAH KARANGANYAR TAHUN 2022/2023 (Thesis, UIN RADEN MAS SAID).

Mardiana, I. N. (2022). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6 (2), 182-187.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Putri Andaliftya, G., Fadhilah, H. N., & Sukma, R. R. (2024). Penerapan Metode Drilling dalam Mengembangkan Kosa Kata Bahasa Inggris dan Arab pada Anak Usia Dini. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 104–115. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3523