Pemberdayaan Masyarakat Tentang Alur Pendaftaran Haji & Estimasi Keberangkatan Melalui Via Smartphone
Kata Kunci:
KKN Sisdamas, Sosialisasi., Haji, PendaftaranAbstrak
Masyarakat yang tinggal di perkampungan seringkali sulit mendapatkan akses ataupun perhatian akan kebutuhan pengembangan teknologi. Seperti halnya yang tejadi di Desa Cihampelas Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat terdapat pemasalahan terhadap pendaftaran ibadah haji. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memaksimalkan potensi masyarakat terhadap gairah ibadah haji. Metode yang digunakan adalah mengadopsi dari siklus-siklus KKN sisdamas yang tercantum dalam petunjuk teknis dan pelaksanaanya. Adapun hasil dari kegiatan ini antara lain: Pertama, Pengadaan kegiatan mengenai pendaftaran ibadah haji. Kedua, Pengembangan potensi terhadap tatacara cek porsi haji lewat smatphone.
Referensi
Al-‘aqil, Tholal Bin Ahmad, Petunjuk Bagi Jamaah Haji dan Umroh, (1427H).
Islamika Zulfiana, “Pembuatan Rencana Strategis SI/TI Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta”, Jurnal Informatika, Maret, 2014.
Krinstanto,Andri, Perancangan Sisitem Informasi dan Aplikasinya, (Yogyakarta : Gava Media,2007)
DIANA SANTY, Nengah Wahyu. Citra Perusahaan Garuda Indonesia: Persepsi Para Loyalis Garuda Indonesia. 2021. PhD Thesis. STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta.
Sutabri, Tata, Sistem Informasi Manajemen, (Yogyakarta: Andi, 2005).
Kementrian Agama, teknologi-informasi-mudahkan-layanan-hajid-dan-umrah (Jakarta,2019)
Menurut Rochimi, 2010
Departemen Agama RI, Bunga Rampai perhajian, (Jakarta: Dirjend Bimas Islam,1998)
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ahmad Tajul Arifin WAhid tajul, Egin Akmalia Egin, Ariq Ramlan Ramlan, Novi Hidayat Afsari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.