Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Khoer

Penulis

  • Meliyani Maspupah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Mutiarani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yusuf Wahyudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sandi Marta

Kata Kunci:

Kuliah Kerja Nyata, Bimbingan Belajar, Kreativitas

Abstrak

Peran pendidikan penting dalam meningkatkan kreativitas para siswa agar lebih memahami tentang literasi dan buadaya. Berbicara masalah pendidikan dan sumber daya manusia tidak bisa dipisahkan antara pendidik dan peserta didik atau yang lazim disebut sebagai "guru dan murid". Pendidik bertanggung jawab untuk memandu yaitu mengidentifikasi dan membina serta memupuk, yaitu mengembangkan dan meningkatkan bakat termasuk didalamnya adalah kreativitas. Kreativitas merupakan ungkapan (ekspresi) dari keunikan individu dalam interaksi dengan lingkungannya. Sasaran utama pada kegiatan pengabdian ini difokuskan pada bidang pendidikan melalui kegiatan bimbingan belajar secara langsung. Yang dimana pada bimbingan belajar ini akan membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar dan juga membantu siswa dalam memahami pembelajaran sewaktu dikelas karena sebagian banyak siswa dirasa membutuhkan bimbingan belajar ini.

Referensi

Hikam, I. (2021). Peran guru dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa di MTs Negeri 12 Jakarta (Bachelor's thesis).

Isnawati, N., & Samian, S. (2015). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 25(1), 128-144.

Effendi, M. (2016). Integrasi pembelajaran active learning dan internet-based learning dalam meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283-309.

Suriansyah, A. (2011). Landasan pendidikan.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Thabroni, Gamal (2022). “Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)”, https://serupa.id/model-pembelajaran-langsung-direct-instruction/, diakses pada 26 Maret 2022

Zenius Untuk Guru (2022). “Model Pembelajaran Langsung – Zenius untuk Guru”, https://www.zenius.net/blog/model-pembelajaran-langsung , diakses pada 15 Juni 2022

Huda, Fatkhan Amirul (2017). “Pengertian Kreativitas Siswa”, https://fatkhan.web.id/pengertian-kreativitas-siswa/ , diakses pada 11 Oktober 2017

Kumala, Nadhifah Dyah (2023). “Kuliah Kerja Nyata (KKN): Pengertian, Tujuan, dan Contoh Rancangan Kegiatannya”, https://dailysocial.id/post/kuliah-kerja-nyata , diakses pada 2 Agustus 2023

Aufa,Rafi (2022).” Memahami Pengertian KKN beserta Aspek dan 8 Tujuannya”, https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6140918/memahami-pengertian-kkn-beserta-aspek-dan-8-tujuannya , diakses pada 22 Juni 2022 pukul 15.30

Ibeng, Parta (2023).” Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Fungsi Menurut Para Ahli”, https://pendidikan.co.id/pengertian-pendidikan/ , diakses pada 27 Agustus 2023

Zakky (2020).” Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]”, https://www.zonareferensi.com/pengertian-pembelajaran/ , diakses pada 23 Februari 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Maspupah, M., Mutiarani, P. ., Wahyudin, Y. ., & Marta, S. (2024). Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Khoer. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 287–302. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3502