Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis, Berhitung Anak-Anak Melalui Program Bimbel Bersama Menyenangkan
Kata Kunci:
Berhitung, Bimbingan Belajar, Membaca, dan MenulisAbstrak
33% dari 71 siswa madrasah ibtidaiyah, masih terbatas menguasai keterampilan membaca, menulis, dan berhitung. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) melalui program kegiatan bimbel bersama menyenangkan. Metode pengabdian yang digunakan metode sisdamas atau berbasis pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari empat siklus. Dua belas kali pertemuan bimbel bersama menyenangkan berhasil meningkatkan keterampilan siswa madrasah ibtidaiyah. Tolak ukur keberhasilan ini terlihat dari tiga aspek, diantaranya aspek kognitif, sikap, dan afektif. Pada aspek kognitif, pada kelompok 1 (belum bisa membaca dan menulis alfabet), mengalami peningkatan sebesar 53,3% dari 15 siswa yang mengikuti bimbel bersama menyenangkan. Pada kelompok 2 (sudah bisa membaca dan menulis alfabet tetapi masih keliru), mengalami peningkatan sebesar 60% dari 5 siswa yang mengikuti bimbel bersama menyenangkan. Pada kelompok 3 (Sudah bisa membaca dan menulis alfabet tetapi belum lancar), mengalami peningkatan sebesar 100% dari 4 siswa yang mengikuti bimbel bersama menyenangkan. Pada aspek sikap para siswa mengalami peningkatan seperti lebih berani dan percaya diri dalam membaca, menulis, dan berhitung. Pada aspek afektif, para siswa mengalami peningkatan seperti tumbuhnya kerjasama dengan sesama siswa dan bisa berinteraksi dengan baik. Untuk keberlanjutan dari kegiatan program calistung ini ditunjuklah seorang duta pemberdaya agar pemberdayaan ini terus berlanjut setelah pengabdiaan ini selesai dilakukan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Kartika Puspitasari, Didin Hafizhuddin, Yose Afrizal, Nurhayati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.