Penerapan Metode Tahsin dalam Optimalisasi Pembelajaran Mengaji pada Anak Usia Dini di Masjid As-Sulaimaniyyah Desa Kebondanas Kecamatan Pusakajaya Kabupaten Subang
Kata Kunci:
Tahsin, Tajwid, SISDAMAS, Anak-anak, Al-QuranAbstrak
Penerapan metode Tahsin dalam optimalisasi pembelajaran mengaji di Masjid As-Sulaimaniyyah Desa Kebondanas, Kabupaten Subang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dengan warga setempat, serta pengajaran langsung kepada anak-anak dengan fokus pada ilmu tajwid. Kegiatan KKN dilaksanakan dalam beberapa tahap, termasuk refleksi sosial, community organizing, participation planning, dan action. Evaluasi dilakukan untuk memantau kemajuan belajar anak-anak. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa penerapan tahsin di masjid As-Sulaimaniyah telah memberikan dampak positif. Anak-anak mampu membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang baik, komunikasi antara guru dan murid berjalan baik, dan motivasi belajar anak-anak meningkat. Meskipun ada beberapa kendala, seperti kurangnya media pengajaran, kelebihan metode Tahsin ini jelas terlihat dalam hasil pembelajaran.
Referensi
Andhika, A. N. (2022). Mahasiswa UIN Bandung. Penerapan Metode Iqro Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini, 1 - 15.
Herawati. (2020). Memahami Proses Belajar Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 27-48.
N, I. L. (2022). (STAI) NIDA EL-ADABI. Pembalajaran Tahsin Al-Qur'an, 2 - 3.
Supraha, W. (2021). Implementasi Seni Baca Irama Al-Qur'an (Nagham) Dalam Metode Pembelajaran Tahsin Al-Qur'an. Rayah Al-Islam, 98-112.
Widia, M. W. (2022). Mahasiswa UIN Palu . Pembinaan Tahsin Al-Qur'an Pada Anak Remaja, 62 - 63.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Reska Amelia Reska, Filosophia Azzahra , Ahmad Janardi Maedani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.