Metode Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak dalam Pembelajaran PAI kelas VB di SDN Babakan Cianjur Desa Cihampelas
Kata Kunci:
Nilai-nilai Akhlak, Pendidikan Agama Islam, PemberdayaanAbstrak
DusunBabakanCianjuryangterletakdi DesaCihampelas,KecamatanCihampelasmerupakansalahsatudusundenganmasyarakatyangmemilikipemahamankeagamaancukuptinggi.Haltersebuttentunyamendorong perhatian masyarakat mengenai penerapan akhlak sehari-haridalam berbagai sektor termasuk juga dalam sektor pendidikan, meliputi didalamnyapendidikantingkatdasaryakniSDNBabakanCianjur.Permasalahandalampenelitianyangdiangkatadalahbagaimanagambaranumum akhlak siswadanprosesinternalisasinilai-nilaiakhlakdalam pembelajaranPendidikanAgamaIslampadasiswakelasVBdiSDNBabakanCianjur.Dengantujuanpenelitiannyaadalahuntukmendeskripsikandanmenganalisagambaranumumakhlaksiswadanprosesinternalisasinilai-nilaiakhlakdalampembelajaranPendidikanAgamaIslampadasiswakelasVBdiSDNBabakanCianjur.MetodepenelitianmenggunakanpenelitianberbasispemberdayaanMasyarakat(sisdamas). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VB di SDN BabakanCianjur,sedangkanobyekpenelitiannyatentanginternalisasinilai-nilaiakhlak dalam pembelajaranPendidikanAgamaIslam dikelasVBSDNBabakanCianjur.Pengumpulandatadilakukandenganmengadakanobservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak siswa kelas VB diSDN Babakan Cianjur, dapat dikategorikan baik. Indikasinya dapat dilihatdarikebiasaanatautradisiyangdilakukanolehparasiswadalamkehidupansehari-hari.
Referensi
Annahlawi, Abdurrahman. (1995). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta : Gema Insani Press
Fathurrahman, Asep ahmad. (2014). Ilmu Pendidikan Islam (dengan pendekatan teologis dan filosofis). Bandung: Pustaka Al-Kasyaf
Hasan, M.Iqbal. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya.
Jakarta : Galia Indonesia
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rokhmatul Istiqomah Amir, Nofi Hidayati Afsari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.