Asistensi Guru Ngaji untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar Membaca dan Menghafal Al-Qur’an bagi Anak-anak Later Childhood (6-12 tahun) di Madrasah Salamul Ma’arif
Kata Kunci:
KKN Sisdamas, membaca dan menghafal al-Qur’an, pengabdian, Salamul Ma’arifAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas guru ngaji dalam mengajar membaca dan menghafal al-qur'an kepada anak-anak usia 6-12 tahun, dan peningkatan mutu hasil belajar melalui kelengkapan administrasi dan peran kerjasama orangtua atau wali. Adapun metode yang digunakan ialah metode pengabdian yang terdiri dari empat siklus. Yakni refleksi sosial, perencanaan partisifatif, pelaksanaan program, dan evaluasi. Data yang dikumpulkan dari hasil wawancara dan observasi kemudian dianalisis dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asistensi yang dilakukan oleh mahasiswi KKN memberikan dampak perubahan yang signifikan terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru ngaji di madrasah salamul ma’arif. Guru ngaji salamul ma’arif dapat menggunakan materi pendukung dan metode perkata guna menghadapi masalah-masalah yang dihadapi sambil terus berinovasi dan berkreasi dalam penggunaan metode tersebut. Asistensi ini menjadi salah satu cara untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berharap memberikan dampak baik dalam waktu yang berkepanjangan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Najwa Marhamah, Habibah Nur Azizah, Arif Nursihah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.