Asistensi Guru Ngaji untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar Membaca dan Menghafal Al-Qur’an bagi Anak-anak Later Childhood (6-12 tahun) di Madrasah Salamul Ma’arif

Penulis

  • Najwa Marhamah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Habibah Nur Azizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Arif Nursihah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN Sisdamas, membaca dan menghafal al-Qur’an, pengabdian, Salamul Ma’arif

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas guru ngaji dalam mengajar membaca dan menghafal al-qur'an kepada anak-anak usia 6-12 tahun, dan peningkatan mutu hasil belajar melalui kelengkapan administrasi dan peran kerjasama orangtua atau wali. Adapun metode yang digunakan ialah metode pengabdian yang terdiri dari empat siklus. Yakni refleksi sosial, perencanaan partisifatif, pelaksanaan program, dan evaluasi. Data yang dikumpulkan dari hasil wawancara dan observasi kemudian dianalisis dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asistensi yang dilakukan oleh mahasiswi KKN memberikan dampak perubahan yang signifikan terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru ngaji di madrasah salamul ma’arif.  Guru ngaji salamul ma’arif dapat menggunakan materi pendukung dan metode perkata guna menghadapi masalah-masalah yang dihadapi sambil terus berinovasi dan berkreasi dalam penggunaan metode tersebut. Asistensi ini menjadi salah satu cara untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berharap memberikan dampak baik dalam waktu yang berkepanjangan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Najwa Marhamah, Azizah, H. N., & Nursihah, A. (2024). Asistensi Guru Ngaji untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar Membaca dan Menghafal Al-Qur’an bagi Anak-anak Later Childhood (6-12 tahun) di Madrasah Salamul Ma’arif. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 197–208. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3411