Model Pendampingan Anak dalam Membentuk Akhlak Karimah

Penulis

  • Zahrotun Nisa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hilman Burhanudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yoga Candra Pratama Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fanny Ayu Fahira Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Akhlak Karimah, Anak, Pendampingan

Abstrak

Pada era modern beserta covid 19 ini semakin berkurangnya minat anak untuk mengaji juga tantangan teknologi yang berdampak pada Ahklakul karimah anak usia dini. Pengabdian ini bertujuan untuk melakukan sebuah pendampingan bagi anak usia dini dan usia Sekolah Dasar dalam membentuk pondasi akhlaqul karimah dari sejak dini. Metode pengabdian ini menggunakan participation action research. Hasil pengabdian menunjukan bahwa keberhasilan dapat dicapai melalui penerapan model pendampingan anak usia dini saat mengaji. Penerapan model ini dimulai sejak refleksi sosial, perencanaan partisipatif, dan hingga pelaksanaan program. Keberhasilan pengabdian ini dilihat dari indikator kemajuan perilaku anak – anak disetiap harinya melalui media arahan (teori) juga contoh perilaku baik (uswatun hasanah). Adapun indikator ahlakul karimah meliputi timbulnya kebiasaan kebiasaan taat terhadap perintah guru dengan harap terbiasa taat pula terhadap kedua orangtua, terlihat dari implikasi ilmu terhadap perilaku, dan terutama bimbingan sekitar anak dalam berbahasa (tidak berbahasa hewan). Pengabdian ini menyimpulkan bahwa model pendampingan memiliki kekuatan yang efisien bagi pendidikan ahklakul karimah di anak usia dini atau usia Sekolah Dasar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-05

Cara Mengutip

Nisa, Z., Burhanudin, H., Pratama, Y. C., & Fahira, F. A. (2021). Model Pendampingan Anak dalam Membentuk Akhlak Karimah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(31), 98–107. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/338

Terbitan

Bagian

Articles