Mengusulkan Model Pembelajaran Fun Learning dan Learn Through Play untuk Membina Anak-Anak Indonesia dalam Belajar Bahasa Inggris : Studi Kasus di Desa Cibiru Hilir Selama Masa Pengabdian KKN Kelompok 108
Kata Kunci:
Bahasa Inggris, Fun Learning, Learn Through PlayAbstrak
Bahasa Inggris merupakan bahasa populer yang digunakan oleh masyarakat global. Hampir seluruh negara menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi dan lain-lain. Namun, tidak semua negara menjadikan Bahasa Inggris sebagai Bahasa kedua. Alhasil, negara yang dominan dengan Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing (English Foreign Language) memiliki minat yang kurang terhadap Bahasa tersebut. Salah satu masalah yang muncul akibat minimnya minat belajar siswa adalah pengajaran yang kurang menarik. Terlebih bagi anak-anak yang usia dini, mayoritas dari mereka tentunya menyukai pembelajaran Bahasa Inggris yang ceria. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pengajaran Bahasa Inggris kepada anak-anak RW 09 Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif, dan pengambilan data dilakukan dengan cara observasi melalui tinjauan langsung terhadap pembelajaran Bahasa Inggris kepada anak-anak. Sehingga, penelitian ini mengambil beberapa poin penting diantaranya: a) pelaksanaan kegiatan, b) sistem pembelajaran yang efektif, c) dan antusias siswa terhadap Bahasa Inggris. Secara umum, pembelajaran Bahasa Inggris masih menggunakan sistem menghafal. Akan tetapi, penelitian ini akan memberikan beberapa solusi yang bisa digunakan oleh guru dalam mengajar Bahasa Inggris secara efektif.
Referensi
Alwahidi, A. A., Sani, M. I., Dewi, A. M., Darmawangsa, S. S., Alawiyah, T. N. A., Rohimah, S., Imtihan, Z., Hasmiati, W., Mustapida, H., & Sukenti, K. (2021). Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Era New Normal di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2).
Arisandy, D., Rizkika, D. P., & Astika, T. D. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia Pada Generasi Milenial Di Era Industri 4.0.
Darmadi, H. (2016). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174.
Djamarah, S. B. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka cipta.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99.
Febrianto, A. R. (n.d.). English: The Legacy of Colonialism and New Form of imperialism: Sejarah Bahasa Inggris dan Pengaruhnya Terhadap Dunia dan Indonesia. Penerbit Ernest.
Fox, J., Pittaway, L., & Uzuegbunam, I. (2018). Simulations in entrepreneurship education: Serious games and learning through play. Entrepreneurship Education and Pedagogy, 1(1), 61–89.
Haji, S. (2015). Pembelajaran tematik yang ideal di sd/mi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(1), 56–69.
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181.
Kartika, S., & Khaeri, M. S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE BERNYANYI PADA SISWA KELAS IA MI NURUL ANWAR KOTA BEKASI. EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 3(1), 93–102.
Kemendikbud. (2013). Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kustanti, D., & Prihmayadi, Y. (2017). Problematika budaya berbicara bahasa Inggris. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 14(1), 161–174.
Layyinah, L. (2017). Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based on Scientific Approach dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik pada Pembelajaran PAI. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 4(1), 1–9.
Lestari, P. A. S., & Gunawan, G. (2020). The impact of Covid-19 pandemic on learning implementation of primary and secondary school levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 1(2), 58–63.
Maryanti, S. (2012). Hubungan antara Keterampilan Komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. Konselor, 1(2).
Mawati, A. T., Permadi, Y. A., Rasinus, R., Simarmata, J., Chamidah, D., Saputro, A. N. C., Purba, B., Ritonga, M. W., Sudono, E. P., & Purba, B. (2020). Inovasi Pendidikan: Konsep, Proses dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.
Naz, A. A., & Akbar, R. A. (2008). Use of media for effective instruction its importance: some consideration. Journal of Elementary Education, 18(1–2), 35–40.
Nurhadi, A. (2012). Teaching English To Young Learners (Pengajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini). Educate, 1(1).
Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan kreativitas anak melalui bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19–27.
Ratminingsih, N. M. (2021). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 73–81.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sianipar, F. (2019). Strategi Pelayanan Pastoral Konseling Sebagai Upaya Meningkatkan Antusiasme Jemaat Dalam Beribadah. Missio Ecclesiae, 8(2), 137–154.
SRININGSIH, H. (2019). PENGARUH PELAKSANAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP ANTUSIASME BELAJARMURID SD INPRES 12/79 LONRAE KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140.
Wahyuni, W., & Yazid, T. P. (2016). Perilaku Komunikasi Tourguide Freelance Dalam Memperkenalkan Objek Wisata Kota Bukittinggi. Riau University.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Muhamad Nur Fazri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.