Pemberdayaan Masyarakat dibidang Pendidikan melalui Perluasan Akses Bimbel di Desa Tanjung Anom, Kabupaten Tangerang
Kata Kunci:
COVID-19, KKN-DR, PendidikanAbstrak
Pada masa pandemi COVID-19, proses pembelajaran tatap muka beralih menjadi pembelajaran jarak jauh. Namun, dalam prakteknya hal ini menimbulkan banyak permasalahan. Berdasakan permasalahan tersebut, penulis melakukan pengabdian pada masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Tema Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) yang penulis gunakan adalah saling ngajar, saling belajar, jeung saling diajar, pikeun ngawujudkeun masyarakat anu terpelajar. Penulis telah merancang beberapa program yang berkaitan dengan tema KKN-DR pada bidang pendidikan, dengan pertimbangan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Tujuan program-program tersebut antara lain: 1) mengetahui kesadaran masyarakat terhadap bahaya COVID-19, 2) melatih dan mendampingi kegiatan bimbel tatap muka, dan 3) mengadakan kelompok belajar yang efektif. Berdasarkan observasi lapangan terdapat perbedaan yang mengarah pada hal yang lebih baik ketika sebelum dan sesudah pelaksanaan program.
Referensi
Ali, W. (2020). Online and Remote Learning in Higher Education Institutes: A Necessity in light of COVID-19 Pandemic. Higher Education Studies, 10(3), 16.
https://doi.org/10.5539/hes.v10n3p16 Amir, F. R., & Nasution, S. A. (2017).
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Pendidikan, Agama, Sosial, Ekonomi, Dan Kesehatan. Qardhul Hasan: Media pengabdian kepada masyarakat, 3(1), 61-73.
Laksono, B. A., & Rohmah, N. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Lembaga Sosial dan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 1-11.
Nurmayasari, E. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BIDANG PENDIDIKAN, KESEHATAN, DAN EKONOMI, DALAM RANGKA MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG BERKUALITAS DI DESA SADENG
KOLOT. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4 (4), 421-426.
Onyema, E. M. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice, 11(13), 108–121. https://doi.org/10.7176/jep/11-13-12
Putra, I. M. D. C., & Yuhari, M. R. A. T. W.
(2020). Edukasi Covid-19 Melalui Program KKN ISI Denpasar untuk Mewujudkan Karakter Anak yang Sadar Kebersihan di Desa Carangsari. SEGARA WIDYA Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 8(2), 78–83.
Rosidah. (2021). EDUKASI DI ERA COVID-19 MELALUI PROGRAM KKN-DR IAIN JEMBER UNTUK MEWUJUDKAN DESA KARANGKEDAWUNG CERDAS DAN
SEHAT Rosidah Fakultas Syariah , Institut Agama Islam Negeri Jember Hafidz Hasyim Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember PENDAHULUAN Corona. 1, 47–58.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal MAPPESONA, 1, 12.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Astin Gusmiyati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.