Peran Mahasiswa dalam Kegiatan KKN pada Bidang Sosial dan Lingkungan di Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Abstrak
Peran Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam bidang sosial dan lingkungan sebagai salah satu bentuk kontribusi mahasiswa dalam pengembangan masyarakat dan pelestarian lingkungan. KKN telah menjadi bagian integral dari kurikulum pendidikan tinggi di banyak negara, termasuk Indonesia, sebagai upaya untuk menghubungkan teori akademis dengan praktik lapangan. Kami menyajikan tinjauan menyeluruh tentang bagaimana kegiatan KKN dapat memberikan dampak positif dalam aspek sosial dan lingkungan. Kami menggambarkan berbagai jenis proyek yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa KKN, termasuk pemberdayaan masyarakat, pembangunan infrastruktur sosial, kampanye kesadaran lingkungan, dan kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus melestarikan lingkungan.
Referensi
Abrar, M. “Fiqh Lingkungan: Tinjauan Hukum Islam Terhadap Lingkungan.” Jurnal Mamangan 1, no. 1 (2012): 20. https://www.neliti.com/id/publications/101917/islam-dan-lingkungan.
Bormann, Rene, Vanessa Miriam Carlow, and Et Al. Lingkungan The Social Quarter – Kebijakan Policies Untuk Participation , and Dan Kualitas Quality of Life Hidup Lingkungan Sosial – Kebijakan, 2016.
Audet, M. (1990) ‘Anthony Giddens, sociology, Cambridge, Polity Press, 1989, 815 pages’, Cahiers de recherche sociologique, (14), p. 181. doi:10.7202/1002098ar.
Chambliss, W.J. and Moloney, C.J. (2019) ‘Toward a sociology of organizational criminal conspiracies’, Explorations in Critical Criminology in Honor of William J. Chambliss, pp. 1–27. doi:10.1163/9789004411678_002.
Emsa, T. and Zulfikar, Z. (2022) ‘Pelayanan Publik Pada seksi Pengendalian Peruntukan Penggunaan Ruang Dan Kajian lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Aceh’, Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), pp. 317–324. doi:10.47647/jsh.v5i2.1043.
Ferrante, Joan. (2015) 2015. Seeing Sociology. [Edition unavailable]. Cengage Learning EMEA. https://www.perlego.com/book/801801/seeing-sociology-an-introduction-pdf.
Fitriani, Isna. 2021. “Masalah Lingkungan Alam Dan Sosial.” OSF Preprints. January 7. doi:10.31219/osf.io/y6e29.
Go, J. and Lawson, G. (2017) ‘Introduction: For a global historical sociology’, Global Historical Sociology [Preprint]. doi:10.1017/9781316711248.001.
Harper, D. (2004) ‘Book review: Sociology: Your Compass for a new world’, Teaching Sociology, 32(4), pp. 411–414. doi:10.1177/0092055x0403200411.
Hill, M.R. and Giddens, A. (1988) ‘Sociology: A brief but critical introduction’, Teaching Sociology, 16(3), p. 302. doi:10.2307/1317536.
Howard, Jay, and Jess Butler. “The Sociology Literacy Framework and Students’ Views of Learning in Introductory Sociology.” Teaching Sociology 46, no. 3 (2018): 237–46. https://doi.org/10.1177/0092055x18769710.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Hamdan Sugilar, Fikri Nur Muhammad, Normalika Shandi, Nurdila Farha Kamila
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.