Pemberdayaan Potensial Masyarakat Melalui Kegiatan Keagamaan

Pendahuluan, Metode Kegiatan, Pelaksanaan Kegiatan, Hasil dan Pembahasan Kegiatan, Kesimpulan

Penulis

  • Nuranisa Aulia Dewi Saputri
  • Muhammad Hilmi Nurahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Vina Fauziah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstrak

Mahasiswa Kuliah kerja nyata (KKN) Uin Sunan Gunung Djati melaksanakan kegiatan pengabdian pada tanggal 14 juli sampai 21 agustus bertempat di desa jati, kec. Saguling kabupaten Bandung Barat. Setelah mengamati dan menelusuri permasalahan yang dialami masyarakat aktivitas keagamaan di desa jati masih kurang begitu pun regenerasinya. Sebagian besar penduduknya beragama islam, dan mayoritas berprofesi sebagai nelayan dan petani, sehingga dari hasil rembuk warga di kp. Pakuwon rw 01 dan di ciloa rw 02, kami sepakat untuk mengadakan program kerja diantaranya, program pertama peringatan tahun baru islam (1 Muharram 1445), program kedua santunan Anak Yatim dan Piatu (10 Muharram 1445) program ketiga, pengajian Al-Quran Anak-anak setiap bada baghrib di Mesjid, program ketiga melatih alat musik islami hadroh remaja. Pemilihan program kerja didasarkan pada prinsip dapat dilaksanakan, dapat diterima, berkelanjutan dan partisipasi. Metode pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini mengadopsi. Langkah-langkah pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat (Sisdamas) yang diusung oleh Tim Pusat Pengabdian LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Program kerja Kuliah Kerja Nyata telah dilaksanakan secara keseluruhan dan terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Walaupun beberapa pelaksanaan kegiatan ada yang kurang sesuai jadwal yang telah direncanakan namun, kegiatan tetap berjalan dengan lancar dan program kerja terlaksana dengan baik.
Kata Kunci: KKN, Pemberdayaan, Pengabdian, Potensial

Referensi

Icep Irham Fausan Syukri dkk. (2019). pengaruh kegiatan keagamaan terhadap kualitas pendidikan. jurnal penelitian pendidikan islam Vol. 7, No. 1,, 18.

Adi, Fahrudin. 2011. Pemberdayaan, Partisipasi, dan Penguatan Kapasitas Masyarakat. Bandung: Humaniora

M. Ihsan Dacholfany. (2018). Pemberdayaan Masyarakat dalam meningkatkan mutupendidikan. Jurnal Tapis, Vol. 02, No. 1 Januari

Oos M. Annwas. (2011). kuliah kerja nyata tematik pos pemberdayaan keluarga sebagai model pengabdian masyarakat. jurnal pendidikan dan kebudayyan, vol.17, No 5 september,

Rosi Rosita. (2016). usaha kepalah sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan islam. jurnal TARBAWI, Vol.3, No 1.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Aulia, N., Muhammad Hilmi Nurahman, & Vina Fauziah. (2024). Pemberdayaan Potensial Masyarakat Melalui Kegiatan Keagamaan : Pendahuluan, Metode Kegiatan, Pelaksanaan Kegiatan, Hasil dan Pembahasan Kegiatan, Kesimpulan . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(10). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3227