Pengabdian Masyarakat Melalui Kegiatan Mengajar Serta Memberikan Fasilitas Media Pembelajaran APE (Alat Permainan Edukatif) Sederhana Di RA Raudhatul Irfan Cihampelas Bandung Barat
Kata Kunci:
permainan, alat , anak.Abstrak
Permainan Edukasi atau APE merupakan alat yang dapat di gunakan sebagai alat untuk mengoptimalkan perkembangan anak, Alat permainan edukatif yang dibuat di sesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangan anak . Alat permainan edukatif yang di buat sangat berguna untuk perkembangan anak baik fisik motoric, kognitif, bahasa, social emosional,
Tujuan pembuatan alat permanan edukatif ini adalah diharapkan dapat meningkatkan perkembangan dan kemampuan kognitif, psikomotorik dan kreatif terhadap anak-anak dari RA Raudhatul Irfan baik di dalam lingkngan sekolah maupun di luar sekolah. Alat permainan edukatif ini juga di buat sebagai media pembelajaran agar anak tidak bosan saat belajar. Metode yang di gunakan di dalam kegiatan ini yaitu praktik, dimana anak memainkan sendiri alat permainan yang telah di buat. Setiap pembuatan alat permainan edukatif ini akan di sesuaikan dengan usia dan tingkat kemampuan anak.
Referensi
Ratna Pangastuti, Edutaintment PAUD, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014
Syamsu Yusuf Ln. (2017). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Bandung. PTRemaja Rosdakarya.
Dewi, Y. A. S. (2017b). Metode Pembelajaran Guru Etnis Jawa- Madura Dalam Pengembangan Bahasa Siswa RA di Kabupaten Pasuruan. Seling, 3 (2), 94–106.
Dewi, Y. A. S. (2017a). Korelasi Efektivitas Komunikasi dan Latar Belakang Etnis/Suku Orangtua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Raudlatul Athfal KabupatenPasuruan.Seling, 3(1), 99–114
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
(Perwitasari & Isnaini Herawati, 2016; Werdiningtiyas & Rahayunita, 2017)
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Dewi, Y. A. S. (2017a). Korelasi Efektivitas Komunikasi dan Latar Belakang Etnis/Suku Orangtua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Raudlatul Athfal KabupatenPasuruan.Seling, 3(1), 99–114.
Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Sri Joko Yunanto, Sumber Belajar Anak Cerdas, Jakarta: Grasindo, 2004.
Sudono, Anggani. Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia Indonesia. 2000.
Asolihin, S. K. B. (2013). Anak PAUD Bermain Belajar dan Berkembang. (online), (http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/27013 /12/filosofi-sentra.html?m=1, diakses 12 Juni 2014).
Intan Pratiwi NIM. 133131061, “Implementasi penggunaan alat permainan edukatif di Sentra kreativitas kelompok tk b di tk taqiyya ngadirejo Kartasura Tahun pelajaran 2016/2017”, Skripsi Pada Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2017.
Mayke S. Tedjasaputra, Bermain, Mainan dan Permainan, Jakarta: Grasindo, 2001.
Papalia, D. E., Old, S. W.,& Feldman, R.D. (2008).Psikologi perkembangan (Edisi Terjemahan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
(Anggani Sudono, 2000:44). Anggani Sudono, Sumber Belajar dan Alat Permainan (Untuk Pendidikan Usia Dini),Jakarta, PT. Grasindo, 2000.
Andang Ismail, Education Games (Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif),Yogyakarta: Pilar Media, 2006.
(Uswatun Hasanah, Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini, (Jurnal Pendidikan Anak, Volume 5, Edisi 1, Juni 2016:732.).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ajeng Rapiah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.