English Club: Upaya dalam Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Metode Fun Learning di SDN Cibeber Desa Mekarwangi
Kata Kunci:
Pendidikan, Fun Learning, Kosa Kata, English ClubAbstrak
Bahasa Inggris adalah Bahasa internasional yang sangat penting dalam komunikasi global, dan Pendidikan Bahasa Inggris sejak dini dianggap krusial. Kurangnya waktu yang dihabiskan untuk belajar bahasa Inggris di sekolah dasar dapat membuat siswa kurang tertarik dan merasa terasing dengan bahasa tersebut. Oleh karena itu, pengajaran bahasa Inggris dengan metode pembelajaran fun learning merupakan solusi yang efektif. Metode ini mencakup permainan dan aktivitas menyenangkan untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa. Penelitian ini menunjukan bahwa metode fun learning efektif dalam meningkatkan kosa kata Bahasa Inggris peserta didik. Kegiatan seperti permainan "whisper challenge," bernyanyi sambil bergerak, "redlight greenlight," dan "treasure hunt" menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Materi pembelajaran meliputi alfabet, benda-benda di kelas, buah-buahan dan sayur-sayuran, serta arah. Peserta didik menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kosa kata bahasa Inggris dan keterampilan komunikasi mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran fun learning mempunyai potensi besar dalam meningkatkan pemahaman bahasa Inggris di tingkat dasar. Pembelajaran yang memadukan aspek fisik, sosial dan intelektual dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi para peserta didik untuk belajar bahasa Inggris dengan antusias. Selain itu, metode ini dapat diterapkan di luar kelas untuk memperluas pengalaman belajar peserta didik.
Referensi
Djamarah. S. B, Z. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hoed, B. (2011). Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Jakarta: Komunitas Bambu.
Husamah. (2013 ). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
Sukarno. (2008). Teaching English to Young Learners and Factors to Consider in Designing the Materials. Jurnal Ekonomi & PendidikanI, 5(1). 57-73.
Freire, P., Illich, I., From, E. (2004). Menggugat Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, H. G. (1986). Pengajaran kosakata. Bandung : Penerbit Angkasa.
Wulanjani, A. (2016). The Use of Vocabulary-Games In Improving Children’s Vocabulary In English Language Learning. Transformatika Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 12 (1).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Winda Hamidah Nurkamilah, Ahmad Syarmaya, Irma Nurmala, Hapid Ali
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.