Optimalisasi Pendidikan Anak di Masyarakat dalam Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Anak-anak Kp. Kebayunan Kelurahan Tapos Kecamatan Tapos Kota Depok)
Kata Kunci:
pengabdian pada masyarakat, pendidikan anak, pembelajaran, Pandemic Covid-19Abstrak
Telah dilakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam upaya untuk mengoptimalkan pendidikan anak dalam masa pandemi covid-19. Kajian pengabdian meliputi pengembangan potensi kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pengabdian dilakukan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah menggunakan sistem pemberdayaan masyarakat (KKN-DR Sisdamas). KKN DR dilakukan di lingkungan Kampung Kebayunan, di mana anak-anak ini mengalami kesulitan belajar karena minimnya pengetahuan orangtua tentang Pendidikan Dalam Jaringan (daring) dan kurangnya waktu serta kemampuan orang tua untuk membimbing anaknya belajar dari rumah. Dengan adanya kegiatan pemberian pelajaran tambahan di luar jam sekolah, para pengabdi dapat membantu mengefektifkan dan mengoptimalkan pembelajaran anak-anak agar dapat lebih menguasai dan memahami lebih dalam lagi materi pelajaran yang disampaikan guru melalui pembelajaran daring
Referensi
Tim Penulis Pusat Pengabdian kepada masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa wabah Covid-19. Bandung.
Sugiyono. 2015. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Bandung: Alfabeta.
Etika Widi Utami. 2020. KENDALA DAN PERAN ORANGTUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Muthmainnah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.