Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keterampilan Kalam Kelas VI MI Tembong Sari Desa Cihampelas Kabupaten Bandung Barat

Penulis

  • Nuraida Arifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Novi Hidayati Afsari
  • Rindi Atika Ramadayani

Kata Kunci:

Bahasa Arab, Model Pembelajaran, Talking Stick

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan keterampilan Kalam dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VI MI Tembong Sari. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan populasi seluruh siswa kelas VI MI Tembong Sari yang berjumlah 30 orang, dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2023 dan 9 Agustus 2023. Pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi dan tes. Lau, data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dalam bentuk narasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan bahasa Arab dalam bidang kalam kelas VI MI Tembong Sari pada siklus I setelah dilakukan treatment nilai rata-rata nya diperoleh 60, kemudian pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 70. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran bahasa Arab kelas VI MI Tembong Sari dapat meningkatkan keterampilan kalam.

Referensi

Arifin, M. (2021). Pentingnya Bahasa Arab bagi Umat Islam di Pedesaan. Jurnal Pendidikan, 12.

nazarni. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA-4 Materi Enzim . Serambi Akademica .

Yayan Alpian, S. W. (2019). Pentingnhya Pendidikan bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 66.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Nuraida Arifah, Novi Hidayati Afsari, & Rindi Atika Ramadayani. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keterampilan Kalam Kelas VI MI Tembong Sari Desa Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(4), 241–247. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3131