Tingkat Promosi dan Pemasaran Produk UMKM Opak di Desa Cibogo
Kata Kunci:
Cibogo, UMKM, Promosi, PemasaranAbstrak
Pemahaman masyarakat desa Cibogo terhadap pentingnya mempromosikan UMKM masih sangat kurang. Berdasarkan hasil observasi kelompok KKN Sisdamas 448 dapat disimpulkan bahwa masyarakat membutuhkan edukasi mengenai Promosi dan Pemasaran terhadap suatu produk (UMKM). Dengan edukasi tersebut diharapkan masyarakat dapat lebih memahami tentang pentingnya promosi dan pemasaran yang mana nantinya masyarakat dapat memasarkan produknya lebih jauh lagi dari daerah tersebut. Metode pengabdian yang digunakan adalah berbasis pemberdayaan masyarakat (sisdamas) dalam bentuk mempromosikan produk UMKM. Dari hasil observasi door to door tersebut didapatkan pemahaman masyarakat yang bertambah mengenai promosi dan pemasaran yang sangat luas.
Referensi
Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Elu, W. B. Manajemen Strategis Berbasis Kompetisi. Jakarta: STIE PERBANAS
file:///C:/Users/Dell/Downloads/Prosiding%20Artikel%20KKN%20338%20UIN%20Bandung.pdf. (2022). Bandung: Prosiding artikel KKN 2021 UIN Kel. 338.
https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jpfeb/article/download/130/77.(2022). Bandung: ejournal.unsap.ac.id.
https://materibelajar.co.id/pengertian-pemasaran-m. (2022). 07.00. Bandung: Materi Belajar.
https://www.kajianpustaka.com/2012/11/teori-pemasaran.html#:~:text=Teori%20Pemasaran%201%20Mengidentifikasikan%20kebutuhan%20konsumen%20yang%20perlu, M.-c. (2022). 19.27. Bandung.
P., D. T. dkk. 2019. Analisis Kasus McDonald's. Surakarta:
Wiharto, B. (2019). Manajemen Pemasaran, Lingkungan dan Strategi Pemasaran. Banten: Universitas Terbuka.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Galuh Indraswari, Fadilla Nurbayinah; Nabilah Ulya
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.