Pendidikan Dan Penanaman Akhlak Pada Siswa MI Al-khoer Melalui Program Juma'at Berkah
Kata Kunci:
Akhlaq, Juma'at berkah, PendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kefektivitasan dalam program Juma'at Berkah dalam mendukung pendidikan dan penanaman akhlak pada siswa MI Al-Khoer. Metode penelitian yang digunakan melibatkan pengumpulan data melalui kualitatif observasi kepada MI Al-Khoer yang terlibat dalam program Juma'at Berkah ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan pemahaman agama dan menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam penanaman akhlak pada para siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi sekolah-sekolah Islam dan lembaga pendidikan lainnya yang ingin mengadopsi pendekatan serupa untuk mendukung pembentukan karakter yang baik dikalangan para siswa.
Referensi
Agustina, Anita. “Perspektif Hadis Nabi Saw Mengenai Kebersihan Lingkungan.”
Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin 1, no. 2 (2021): 96–104.
https://doi.org/10.15575/jpiu.12206.
Aquami, Aquami. “Hubungan Kompetensi Guru Dan Peran Orang Tua Terhadap
Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MIN Se-Kota Palembang.” JIP (Jurnal Ilmiah
PGMI) 4, no. 1 (2018): 1–12.
Arifin. Psikologi Dakwah: Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Askara, 1994.
Fatih, Al. Kitab Terjemah Al-Qur’an Al-Fatih Dengan Alat Peraga Tajwid Kode Arab.
st ed. Jakarta: alfatih quran, 2012.
Firdaus. “Sedekah Dalam Persfektif Al-Quran.” Ash-Shahabah 3, no. 1 (2017): 88–
Freire, Paulo. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES, 2008.
Gunawan, Wahyu, and Budi Sutrisno. “Pemetaan Sosial Untuk Perencanaan
Pembangunan Masyarakat.” Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat 2, no. 2 (2021): 94.
https://doi.org/10.24198/sawala.v2i2.32761.
Haris, Abdul Haris. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” Al-Munawwarah:
Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2017): 64–82.
Indrawan, Irjus. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM.” ALAFKAR 5, no. 1 (n.d.): 4–19.
Mardiah. “Metode Permainan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah
Ibtidaiyah.” Jurnal Mitra PGMI 1, no. 1 (2015): 61–77.
Mustofa, Ali, and Ika Khoirunni’mah. “Kegiatan Jam’iyah Shalawat Solusi
Pembentukan Akhlakul Karimah Remaja Di Jatirejo Diwek Jombang.” Jurnal
Pendidikan Islam 6, no. 2 (2020): 97–120.
Nindiya Norianda, Jagad Aditya Dewantara, and Sulistyarini Sulistyarini.
“INTERNALISASI NILAI DAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH (Studi
Budaya Sekolah Jumat Berkah).” WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan
Pembangunan Karakter 5, no. 1 (2017): 45–57.
https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.01.4.
Olisna, Olisna, Milhatun Zannah, Auliani Sukma, and Ani Nur Aeni. “Pengembangan
Game Interaktif Wordwall Untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah
Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 4133–43.
Saputra, Teguh. “Hikmah Sedekah Dalam Al-Qur’an Dan Hadis.” Gunung Djati Conference Series 8 (2022): 347–56.
Sari, Rika, Aliasan Aliasan, and Zhila Jannati. “Peningkatan Minat Bersedekah Pada
Masyarakat Sukajaya Kota Palembang Melalui Strategi Komunikasi Persuasif
Komunitas Jum’At Sedekah Indonesia.” Jurnal Komunikasi Islam Dan
Kehumasan (JKPI) 5, no. 1 (1970): 64–75.
https://doi.org/10.19109/jkpi.v5i1.9027.
Syaifullah, Muhammad. “Penerapan Metode An-Nahdliyah Dan Metode Iqro’Dalam
Kemampuan Membaca Al-Qur’an.” Jurnal Iqra 2, no. 1 (2017)
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Rizal Arifin Hidayah, Nira Puspita Isnadya, Siti Hotimah Afriani, M. Sandi Marta
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.