Dunia Bahasa Arab dalam Genggaman: Metode Dalam Meningkatkan Keterampilan dan Antusiasme Belajar Bahasa Arab di MI Cibogo
Kata Kunci:
Bahasa Arab, Kegiatan Belajar MengajarAbstrak
Artikel laporan ini mencerminkan kolaborasi antara mahasiswa universitas dengan MI Cibogo dalam pengembangan program mengajar bahasa Arab. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa melalui metode pembelajaran yang interaktif. Hasil laporan ini menggambarkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program, serta dampaknya terhadap kemajuan siswa dalam keterampilan berbahasa Arab. Penelitian ini juga mencatat tantangan yang dihadapi selama implementasi, seperti keterbatasan sumber daya teknologi di lingkungan MI Cibogo. Laporan KKN ini memberikan wawasan tentang pentingnya pengembangan program bahasa Arab di sekolah dasar dan mencatat potensi untuk perbaikan lebih lanjut dalam pengajaran bahasa Arab di MI Cibogo. Kesimpulannya, kolaborasi seperti ini dapat membantu meningkatkan akses siswa terhadap pendidikan bahasa Arab yang berkualitas.
Referensi
Cummins, J. (2000). Language, Power, and Pedagogy: Bilingual Children in the Crossfire. Multilingual Matters.
Aliyyah, R.R., Fauziah, R., Asiyah, N. (2017). Peningkatan Cinta Lingkungan Dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Melalui Program Pengabdian Masyarakat QardhulHasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat 3 (1): 46-61.
Fachrurrozi, Aziz, and Erta Mahyuddin. "Pembelajaran Bahasa Asing: Metode Tradisional dan Kontemporer." (2010).
Salman, A., & Khasan, A. (2019). Pengaruh Metode Qawa'id dan Tarjamah Terhadap Kemampuan Membaca Cirebon. El-Ibtikar, 8(1), 14-32.
Syardiansah S. (2019). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017). JIM UPB, 7 (1), 57-68.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Anida Nurfadya; Anisa Sri Rahayu, Buldan Nuryaden; Cucu Setiawan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.