Upaya Meningkatkan Hafalan Tahfiz dan Doa-Doa pada Anak-Anak Musala Baiturrohman di Dusun Mundu Kecamatan Pusakanagara
Kata Kunci:
Al-Qur’an, Doa-Doa, Hafalan, Kuliah Kerja Nyata, MusalaAbstrak
Hafalan Al-Qur’an yang dilaksanakan di Musala Baiturrohman masih terbatas dan sering mengulang surah An-Nas – surah An-Nasr, sedangkan untuk hafalan doa-doa jarang diajarkan. Berdasarkan hasil rembug warga dan refleksi sosial didapatkan hasil bahwa memang pendidikan dan keagamaan menjadi permasalahan di Dusun Mundu, maka kelompok 315 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sisdamas Moderasi Beragama UIN Sunan Gunung Djati Bandung membuat program kerja, yaitu dengan membuat lembar setoran hafalan anak dan rekap setoran hafalan anak. Tujuan dari program kerja ini adalah untuk meningkatkan hafalan tahfiz dan doa-doa pada anak-anak Musala Baiturrohman agar para pengajar dan anak-anak tersebut lebih teristematis akan apa yang harus mereka hafalkan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode SISDAMAS atau pemberdayaan masyarakat. Berdasarkan hasil pelaksanaan program kerja bahwa para pengajar sangat terbantu dengan adanya lembar setoran hafalan anak dan rekap setoran hafalan anak serta anak-anak pun sangat antusias ketika menerima lembar setoran hafalan anak tersebut. Untuk ke depannya, rencananya lembar setoran hafalan anak dan rekap setoran hafalan anak akan diperbanyak bagi anak-anak baru yang baru bergabung mengaji Al-Qur’an di Musala Baiturrohman dengan sumber biaya secara swadaya.
Referensi
Fauzi, Andi, Dede Nuryadin, and Ahmad Fadilah. 2021. “Melatih Bacaan Doa Sehari-Hari Pada Remaja Di RT 007/004 Ulujami, Pesanggarahan, Jakarta Selatan.” In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 63–67. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.
Hidayatullah. 2016. Jalan Panjang Menghafal Al Qur’an 30 Juz Napak Tilas Dan Kesuksesan Penghafal Al Qur’an Sejak Usia Baligh. Jakarta: Pustaka Ikadi.
Kusuma, Fuad Indra, Moh. Edo Abdulloh, and Fani Maulana. 2021. “Perbaikan Musala Dan Mengajar Ngaji Untuk Meningkatkan Kenyamanan Ibadah Dan Mengaji.” Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan 1 (11): 933–38. https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p933-938.
Oktapiani, Marliza. 2020. “Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 3 (1): 95–108. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.861.
Putri, Rani Helna. 2022. “Analisis Kesulitan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Di SDIT Cahaya Makkah Kabupaten Pasaman Barat.” Insititut Agama Islam Negeri Batusangkar Batusangkar. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/25210.
Rusdiah, and Dea Nasyafia. 2021. “Penerapan Penghafalan Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini: Studi Kasus Pada Orang Tua Yang Berstatus Sebagai Anggota Jamaah Tabligh Kota Banjarmasin.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 11 (1): 95–103. https://doi.org/10.18592/jtipai.v11i1.6144.
Saepudin, Juju, Amin Thaib BR, Sumarsih Anwar, Nur Alia, Nursalamah Siagian, Mulyana, Neneng Habibah, and Abdul Basid. 2015. Membumikan Peradaban Tahfiz Al-Qur’an. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.
Setyaningsih, Rina. 2021. “Konsep Do’a Perspektif Quraish Shihab” 7 (1): 100–120. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/48.
Tim Penyusun KKN-DR UIN SGD Bandung. 2023. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata (KKN SISDAMAS) Moderasi Beragama. Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Jdati bandung.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sri Apridayani, Salwa Azzahra, Muhamad Bastian Akbar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.