Penguatan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Pada Pendidikan Anak Sekolah Dasar

Penulis

  • Selinda Jauza UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sabrina Itsna Amalia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alvi Alviyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Raka Gustian Putra UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Budaya literasi, siswa sekolah dasar, minat baca

Abstrak

Penelitian fokus pada minat baca dan budaya literasi berdasarkan data utama diperoleh menunjukkan bahwa minat membaca siswa di SDN Sukamanah masih tergolong rendah. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh masalah kuantitas dan kualitas buku saja, tetapi juga pada hal-hal lain yang saling berhubungan dan mempengaruhi satu sama lain. Beberapa fakta yang menggambarkan baik-baiknya kondisi masyarakat perkotaan literasi serta di daerah pedesaan. Di pedesaan  komunitas atau generasi muda sangat mudah untuk memilih berjalan-jalan daripada membaca. Itulah sebabnya lingkungan membaca tidak tercipta. Mereka lebih memilih ngobrol atau menonton acara televisi dibandingkan membaca. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di SD Negeri Sukamanah dengan partisipan penelitian guru dan siswa kelas 3-6. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa kegiatan penguatan budaya literasi dilaksanakan dengan mengajak siswa membaca, membuat poster literasi secara kreatif, dan pojok baca untuk siswa. Dimana semua kegiatan tersebut telah mampu diikuti dengan baik oleh siswa dan terdapat peningkatan minat baca anak melalui penguatan budaya literasi.

Referensi

Alpian, Y, and S. W Anggraeni. “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia.” Jurnal Buana Pengabdian 1, no. 1 (2019): 66–72. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.

Anjani, S, N Dantes, and G Artawan. “Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Gugus II Kuta Utara.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 3, no. 2 (2019): 74–82.

Batubara, H. H, and D. N Ariani. “Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 4, no. 1 (2018): 15. https://doi.org/https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965.

Bunyamin. Manajemen Pendidikan. PT. Usaha Terpadu UHAMKA. Vol. 5, 2020.

Bungsu, Annisa Putri, and Febrina Dafit. “Pelaksanaan Literasi Membaca Di Sekolah Dasar” 4, no. 3 (2021): 522–27.

Fitriana, Niken A Y U, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan, D A N Ilmu, and Universitas Muhammadiyah Surakarta. “Pengintegrasian Sudut Baca Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas Iv Sd Negeri Galeh 2,” 2011.

Haidar, Ahmad, and Muhammad Sholeh. “Program Literasi Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 09, no. 03 (2021): 639–47.

Hanum, Afrida Emelia. “Implementasi Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Program Membaca Menyenangkan.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 09, no. 05 (2021): 1104–11.

Kharizmi, Muhammad, and Universitas Almuslim. “Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi” 2, no. 2 (2015): 11–21.

Lubis, Rahmat Rifai, and Media Gusman. “Proses Pembelajaran Melalui Interaksi Edukatif Dalam Pendidikan Islam.” Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 16, no. 1 (2022): 18–33. https://doi.org/10.51672/alfikru.v16i1.86.

Lustyantie, Ninuk, and Fitria Aprilia. “Reading Interest and Achievement Motivation: A Study in an EFL Context.” TESOL International Journal 15, no. 4 (2020): 147–66.

Mardiyah. “Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf.” Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf 3, no. 2 (2016): 1–22.

Puspitasari, Eka Haru, Rustono, and Hari Bakti. “Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali Dengan Bahasa Sendiri Melalui Film Dongeng Pada Peserta Didik Kelas VII B MTs Mu’allimin Malebo Temanggung.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 3, no. 1 (2014): 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi.

Rahman, Fadillah. “Upaya Kantor Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Paser Dalam Meningkatkan Minat Membaca Masyarakat Di Perpustakaan Umum Kabupaten Paser.” E Journal Administrasi Negara 1, no. 2 (2013): 683–97.

Ramandanu, Febriana. “Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa.” Mimbar Ilmu 24, no. 1 (2019): 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405.

Randa, Yogi. “Strategi Pembelajaran Membaca Di Sekolah Dasar.” Jurnal Universitas Negeri Jakarta 2, no. May (2016): 31–48.

Rawin, S C, I N Sudiana, I G Astawan, Program Studi, Pendidikan Dasar, and Universitas Pendidikan Ganesha. “Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha” 7, no. 1 (2023): 1–12.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Yunianika, Ika Tri. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka” 3, no. 4 (2019): 497–503.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-20

Cara Mengutip

Jauza, S., Amalia, S. I., Alviyah, A., & Putra, M. R. G. (2023). Penguatan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Pada Pendidikan Anak Sekolah Dasar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(2), 305–319. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3002