Kegiatan Pemberdayaan Pemuda Karang Taruna Dalam Menghidupkan Kegiatan Positif Di Rt.03 Parakan Saat 2 Bandung
Kata Kunci:
KKN DR Sisdamas, Pemuda, Pemberdayaan, Karang TarunaAbstrak
Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat atau KKN DR-Sisdamas merupakan salah satu program kegiatan yang dilakukan mahasiswa untuk mengabdikan diri kepada masyarakat yang bertujuan memberdayakan masyarakat agar mampu secara mandiri menyelesaikan permasalahan yang ada. Permalasahan tersebut muncul setelah musyawarah dan dilakukan peninjauan di RT.03 Parakan Saat 2 yakni masuk kedalam bidang keagamaan, ekonomi, dan sosial. Salah satu permasalahan dari segi sosial tersebut ialah para pemuda yang kurang aktif dalam kegiatan sosial dan keorganisasian sekitar terutama dimasa pandemi yang notabennya berada di rumah seharian. Sedangkan dalam bidang keagamaan kurangnya aktivitas pengajian dan dalam bidang ekonomi masih adanya warga yang terdampak pandemic secara ekonomi. Kurangnya partisipasi dari para pemuda yang bergerak aktif dalam menyelesaikan permasalahan ini menjadi masalah utama tersendiri yang harus diatasi terlebih dahulu. Dengan menggunakan metode yang berbasis pemberdayaan para pemuda ini menjadi motor penggerak untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat dengan tergabung kedalam organisasi Karang Taruna. Alhasil para pemudapun terberdayakan dan menghasilkan kegiatan positif yang bermanfaat dan mampu mengatasi permasalahan yang ada.
Referensi
Safiah, Sudati Nur. Julipriyanto, Whinarko. 2017. Manfaat Bank Sampah Bagi Masyarakat di Dusun Semali Desa Salamkanci Kecamantan Bandongan Kabupaten Magelang (Study Bank Sampah Semali Berseri). Vol 2 No.2, Unversitas Tidar.
Tim Penulis KKN DR UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2020. Petunjuk Tenkis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Masa Wabah Covid-19. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.
Khurriyati, Yulia. Setiawan, Fajar. Minawati, L. Binti. 2021. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” Vol. VIII No.1
Amalia, Andina. Saadah, Nurus. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi Vol. 13 No.2
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Muhammad Ridwan Alamsyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.